JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Selain Work From Home dan Social Distancing Olahraga Juga Penting, Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Work from home (bekerja dari rumah) dan social distancing (menjaga jarak sosial) merupakan salah satu upaya pemutusan rantai penyebaran virus corona. Saat kita banyak berdiam diri di rumah, tidak ada alasan untuk tidak berolahraga.

Perhimpunan dokter spesialis kedokteran olahraga (PDSKO) melalui edaran pers yang diterima Tempo.co pada Minggu, 22 Maret 2020 mengatakan bahwa aktivitas fisik yang berkurang justru dapat melemahkan imunitas tubuh. Akibatnya, risiko terjadinya infeksi virus pun menjadi tinggi. Tentu Anda tak mau mengalaminya, bukan?

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, PDSKO pun merekomendasikan olahraga yang bisa dikerjakan di rumah. Pertama adalah latihan aerobik. Latihan aerobik bisa dilakukan di dalam ruangan dengan tetap menerapkan social distancing dan free touch activity.

Beberapa contohnya bisa berupa jalan cepat di sekeliling rumah atau naik turun tangga selama 10-15 menit selama 2-3 kali sehari. Selain itu, dapat pula berupa senam aerobik via tutorial di Youtube, menari, hingga lompat tali.

Ada pula latihan untuk kekuatan otot. Untuk mengecek berat beban, Anda bisa menggunakan aplikasi di berbagai smartphone. Adapun gerakan yang bisa dilakukan seperti squat (jongkok-berdiri), lunges dan push-up. Sebaiknya ini dilakukan setiap dua jam sekali dengan menahan selama 10-15 detik.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

PDSKO juga mengimbau agar menjalankan olahraga dengan intensitas yang benar guna mendapatkan manfaat optimal. Ini adalah dengan memanfaatkan intensitas sedang. Untuk mengukurnya, latihan fisik tetap bisa dikerjakan meski sambil diajak berkomunikasi. Sebaliknya hindari latihan secara berlebihan dengan intensitas tinggi (tidak bisa berbicara saat olahraga) karena justru dapat menurunkan sistem imun.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com