JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pandemi Corona, KA Perintis Batara Kresna Berhenti Operasi Sementara

tribunnews
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – PT KAI Daops VI Yogyakarta memutuskan untuk menghentikan sementara operasional KA Perintis Batara Kresna selama pandemi Corona. Penghentian KA relasi Purwosari- Wonogiri (PP) tersebut diberlakukan mulai Selasa (28/4/2020).

Selain itu, PT KAI Daops VI Yogyakarta juga memutuskan untuk memperpanjang waktu pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh arah Barat (Jakarta/Bandung) maupun arah Timur (Surabaya/Malang/Ketapang). Sebelumnya, pembatalan Perjalanan KA jarak jauj berlaku hingga 30 April 2020. Kemudian diperpanjang hingga 31 Mei 2020.

“Pembatalan sementara seluruh perjalanan KA jarak jauh ini dilakukan sebagai dukungan kebijakan untuk mendukung larangan mudik dari pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan covid-19,” ujar Manager Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, Rabu (29/4/2020).

Baca Juga :  Meski Paling Populer, Kaesang Diprediksi Tak Maju dalam Pilkada Solo 2024

Untuk itu, Eko Budiyanto menghimbau kepada masyarakat yang telah memiliki tiket perjalanan mudik untuk membatalkan perjalanannya atau mereschedule. PT KAI memberikan refund 100% untuk pembatalan tiket keberangkatan KA sampai dengan tanggal 4 Juni 2020, yang bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access maupun loket stasiun.

“Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan ktp, kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai,” imbuhnya.

Baca Juga :  Boneka Jokowi Dibakar Pendemo di Kota Solo, Tuntut Pemakzulan Presiden

Eko Budiyanto menambahkan PT KAI Daop 6 Yogyakarta untuk sementara waktu hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA Angkutan Barang. Saat ini hanya tersisa 8 perjalanan KA Lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasanya ini untuk mengakomodir perjalanan penumpang yang memang terdapat kepentingan mendesak atau memiliki pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan.

Adapun KA Prameks yang masih beroperasi antara lain 4 perjalanan relasi Yogyakarta – Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta Pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, 15.55 WIB, serta 4 perjalanan relasi Solo Balapan – Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan Pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, 18.12 WIB. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com