JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Cara Beradaptasi untuk Berdamai dengan Corona Menurut Pakar Kesehatan

ILustrasi virus corona atau Covid-19. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belum lama ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk untuk berdamai dan beradaptasi dengan virus Corona dalam kehidupan yang disebut new normal.

Leonardi Goenawan, dokter spesialis jiwa RS Pondok Indah mengatakan, kemampuan adaptasi seseorang membuatnya mampu mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru dan memandang kehidupan dengan cara yang lebih realistis.

Beberapa perubahan yang mulai dilakukan oleh mereka yang telah mencapai tahap ini adalah mulai terbentuk gaya hidup di rumah saja dan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah serta munculnya kembali bahan-bahan tradisional untuk menjaga kesehatan.

Selain itu, mulai aktif mengoptimalisasi virtual (kerja dari rumah, kelahiran generasi Zoom, telemedicine, dan lain-lain), serta timbul kebersamaan dan rasa senasib sepenanggungan.

“Namun, tidak semua orang memiliki ketangguhan yang sama untuk mencapai tahap penerimaan. Seseorang yang biasanya mudah tertekan akan merasakan dampak pandemi ini lebih berat,” ujarnya.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Untuk menyiasati situasi tertekan agar tidak mengalami stres yang berlarut-larut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Istirahat dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk media sosial. Mendengar info pandemi berulang kali bisa membuat hanyut dalam kekhawatiran yang berlebihan.

Pelihara baik-baik kesehatan tubuh dan berolahraga ringan secara teratur, seperti latihan napas, peregangan, yoga, atau meditasi.

Makan makanan yang sehat dan berimbang dan berolahraga secara teratur, juga tidur dengan waktu yang cukup. Hindari penggunaan alkohol, rokok, dan obat-obatan yang tidak perlu.

Berikan diri waktu untuk bersantai. Lakukan beberapa aktivitas lain yang Anda sukai. Berbagai penelitian memperlihatkan hubungan resiprokal antara stres dan aktivitas fisik. Semakin rutin beraktivitas fisik maka semakin rendah tingkat stres.

Selain itu, aktivitas fisik dan olahraga terbukti penting dalam manajemen stres yang efektif karena dapat menurunkan kadar hormon-hormon stres, seperti adrenalin dan kortisol, dalam tubuh.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Pada saat yang sama aktivitas fisik menstimulasi produksi endorfin, yaitu bahan kimia yang diproduksi oleh otak dan berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Endorfin juga dapat menghasilkan perasaan rileks dan optimis ketika berolahraga rutin.

Senantiasa terhubung dengan orang lain. Berbicaralah dengan orang yang dipercaya tentang perasaan dan kekhawatiran. Dengan bercerita pada orang lain akan meringankan separuh beban.

Memahami fakta yang akurat dan benar tentang Covid-19 akan membuat Anda terhindar dari kekhawatiran berlebihan hingga stres.

Setelah melewati tahap penerimaan dalam menghadapi pandemi, maka Anda mulai terbiasa dengan kondisi the new normal.

Pada tahap ini diharapkan Anda sepenuhnya tidak lagi merasa terganggu, bahkan sudah mulai nyaman dengan semua perubahan yang berhubungan dengan adanya pandemi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com