JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Gelar Pangajian Online Nuzulul Alquran

SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar pengajian online dalam rangka memperingati Nuzulul Alquran yang digelar pada Sabtu (9/5/2020) dengan pembicara Ustaz Dr. Syamsul Hidayat, M.A, Dekan Fakultas Agama Islam, UMS. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARMEWS.COM – Kondisi pandemi corona (covid 19) yang tengah melanda kehidupan masyarakat tidak lantas menyurutkan semangat para siswa untuk mengikuti kegiatan pengajian pada bulan Ramadan. SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar pengajian online dalam rangka memperingati Nuzulul Alquran yang digelar pada Sabtu (9/5/2020) dengan pembicara Ustaz Dr. Syamsul Hidayat, M.A, Dekan Fakultas Agama Islam, UMS.

Rubiatun Nurush Sholihati selaku ketua panitia menjelaskan tujuan diadakan kegiatan pengajian online adalah untuk menambah rasa syukur kita bisa memasuki bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah sekaligus mengajak kepada para siswa agar memaksimalkan ibadah salah satunya membaca, memahami, dan mengamalkan Alquran.

“Walaupun diselenggarakan secara online, insyallah tidak mengurangi esensi dari kegiatan kajian tersebut. Dua ratus enam puluh delapan siswa beserta orang tua dari kelas 7, 8, dan 9 serta guru dan karyawan wajib mengikuti acara ini dengan menyimak melalui youtube sekolah, PK TV, dari rumah masing-masing,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pecah! Penumpang KRL Solo-Yogya Overload Selama Libur Lebaran, KCI Imbau Prioritaskan Tempat Duduk untuk Penumpang Gendong Anak

Saat menyimak pengajian online, para siswa juga bisa melakukan tanya jawab pada nomor telepon yang disediakan panitia dan melalui live chat yang tersedia di kanal youtube. Setelah kegiatan, terdapat penugasan para siswa berupa merangkum hasil kajian yang dikumpulkan ke wali kelas masing-masing.

Rubiatun Nurush juga menjelaskan bahwa agenda kegiatan Ramadan di tengah pandemi memang berbeda seperti biasa. Panitia memanfaatkan media-media online dan situs video conference seperti zoom, google meet, dan sebagainya untuk menggelar pesantren online.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

“Agenda kegiatan Ramadan meliputi perlombaan menyambut bulan Ramadan berupa poster, videografi, dan artikel; video kajian Ramadan menjelang berbuka setiap hari melalui youtube sekolah, PK TV; mentoring siswa setiap hari; kajian online via video conference setiap seminggu sekali; dan pengajian online peringatan Nuzulul Alquran,” ungkapnya.

Selain itu, guru dan karyawan pun mengikuti kegiatan Ramadan seperti tadarus Alquran, tilawah Alquran irama nahawan, forum grup diskusi bertema pendidikan, dan sebagainya.
Harapan dari berbagai kegiatan tersebut adalah mengajak kepada civitas akademika SMP Muhammadiyah PK memanfaatkan bulan Ramadan untuk meningkatkan kadar iman dan takwa kepada Allah SWT.
“Mari kita meningkatkan ibadah dan amalan-amalan di bulan Ramadan,” tandasnya.
Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com