JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Tak Cuma Manusia, Arab Saudi Karantina Uang Kertas dan Koin 14 Hari untuk Cegah Covid-19

ilustrasi uang / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19), pemerintah Arab Saudi melalui Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA) akan mengkarantina uang kertas dan koin selama 14 hari.

Uang yang bakal dikarantina adalah uang yang diterima dari sumber lokal maupun internasional.

SAMA mengatakan, mata uang bersama dengan alat pembayaran elektronik, dianggap sebagai cara yang memungkinkan penularan virus.

Karena itu SAMA akan mengisolasi uang kertas dan koin dalam unit tertutup selama antara 14 dan 20 hari, dengan durasi tergantung dari mana uang tunai itu berasal.

Langkah-langkah tambahan juga akan diambil untuk mengurangi risiko kesehatan.

“Uang kertas dan koin akan menjalani mekanisme perawatan khusus untuk memastikan mereka aman digunakan,” kata SAMA, dikutip dari Arabnews, 23 Mei 2020.

“Kemudian mereka akan disortir oleh mesin secara otomatis sesuai dengan standar kualitas yang ketat dari pihak berwenang, dengan catatan kotor atau tidak layak dihancurkan segera,” ujarnya.

Uang kertas dan koin yang sudah diproses akan disimpan di kas otoritas dan dikirim ke bank atas permintaan, memungkinkan mereka disimpan dalam isolasi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Ekonom dan analis keuangan Talat Zaki Hafiz mengatakan,  bahwa tindakan pencegahan itu  tidak akan mempengaruhi arus kas di pasar uang lokal.

“Otoritas moneter, dengan pengalaman puluhan tahun, bertindak sesuai dengan perhitungannya yang sangat tepat,” katanya.

“Ada keseimbangan yang hati-hati antara periode isolasi untuk uang kertas, jumlah uang tunai yang terisolasi dan jumlah yang dibutuhkan sistem moneter lokal dan pasar, juga dengan mempertimbangkan ketersediaan uang tunai dalam kasnya,” paparnya.

Hafiz menambahkan bahwa keputusan untuk mengkarantina mata uang bukanlah hal yang aneh.

“Prosedur isolasi sering terjadi selama krisis kesehatan serupa,” katanya.

“Memastikan keamanan uang kertas dan mengikuti mekanisme perawatan adalah norma di otoritas moneter dan berbagai bank.”

SAMA mengatakan akan terus melacak dampak pandemi pada semua sektor ekonomi, termasuk perbankan dan keuangan.

SAMA juga menawarkan jaminan bahwa ia akan terus memberikan semua dukungan yang diperlukan untuk membantu menjaga integritas dan stabilitas sektor keuangan selama wabah virus corona.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com