JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Polisi Tangkap Pegawai BMT di Banyumas yang Tipu Nasabah Miliaran Rupiah

Dia mengaku menyimpan uang di BMT tersebut, melalui salah seorang pegawainya yang berinisial ES. Namun belakangan mulai curiga ada yang beres dengan uang simpanannya, karena saat akan menarik dana melalui ES, tidak pernah bisa dicairkan. ”Sudah beberapa kali saya minta agar uang simpanan saya dicairkan. Tapi selalu dijawab sedang ada wabah Covid, sehingga uang belum bisa ditarik,” katanya.

Belakangan dia mendapat informasi banyak nasabah yang mengalami nasib serupa. ”Karena itu, saya dan nasabah lain datang ke BMT untuk mengetahui secara pasti kenapa uangnya tak bisa dicairkan,” katanya.

Baca Juga :  47 Tahun Perjalanan Grup Musik Kasidah Asal Semarang Nasida Ria, Melanglang Sampai Jerman

Belakangan diketahui, bahwa uang simpanan yang dia titipkan melalui ES, ternyata tidak disetorkan ke BMT. Sedangkan kartu deposito yang diberikan ES, merupakan kartu deposito yang dipalsukan.

Hal itu diketahui dari penjelasan Manajer BMT Insan Mandiri, Toidin, saat menemui para nasabah. Dia bahkan mengaku terkejut, karena banyak nasabah datang ke kantornya untuk menarik dana simpanan. Saat dilayani petugas, akhirnya diketahui bahwa kartu dan slip setoran yang diberikan nasabah, berbeda dengan yang dikeluarkan kantor.

Baca Juga :  Warga Bisa Menikmati Tayangan Simulcast, Sarana Berkenalan dengan Siaran Digital

Dari data nasabah yang hendak menarik uangnya, Toidin memperkirakan dana yang digelapkan tersangka ES mencapai sekitar Rp 2 miliar. ”Kartu deposito dan slip setoran yang diberikan nasabah, diduga merupakan hasil mencetak sendiri dengan memalsukan tanda tangan saya,” katanya.

www.republika.co.id

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua