JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Wisata Kraton Yogyakarta Dibuka Lagi, Ini Aturan yang Harus Ditaati Pengunjung

Gendhing Kurmat Dalem
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Setelah ditutup selama beberapa bulan akibat pandemi Covid-19, sebagian wisata di kawasan Keraton Yogyakarta telah dibuka lagi, namun secara terbatas.

Pengelola masih membatasi waktu operasional di empat objek wisata Keraton, dengan jam buka pukul 08.30-13.00 WIB di hari Sabtu hingga Kamis dan 08.30-11.00 WIB di hari Jumat.

“Empat area wisata Keraton Yogyakarta yang sudah mulai beroperasi yakni Pagelaran Keraton Yogyakarta, Museum Kareta Keraton, Tamansari, dan area Keben,” kata Penghageng Nityabudaya Keraton Yogyakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara saat di hubungi wartawan, Sabtu (11/7/2020).

Objek-objek wisata tersebut juga mewajibkan pengunjung mematuhi protokol kesehatan, selain pengelola akan membatasi jumlah pengunjung yang masuk di setiap kawasan wisata.

Dinas Pariwisata DIY juga telah menganjurkan uji coba pembukaan kembali tempat wisata dengan tetap mematuhi prosedur normal baru agar tidak menimbulkan klaster penyebaran baru.

Baca Juga :  Hendak Tawuran dengan Sajam dan Bom Molotov, Lima Remaja Asal Bantul Diamankan Polisi

“Ada empat area wisata Keraton Yogyakarta yang baru buka kembali pada tanggal 8 Juli 2020 lalu. Setelah dibuka, ternyata reaksinya banyak wisatawan lokal yang butuh rekreasi, sehingga pengunjungnya cukup antuasias,” kata Putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X itu.

Pihaknya menyambut baik antusiame sejumlah wisatawan tersebut.

Namun, pengelola tetap akan memberlakukan secara ketat protokol kesehatan dan tidak segan menegur pengunjung yang bandel saat berwisata di lokasi setempat.

“Contohnya Tamansari, ada area para pengunjung hanya bisa membawa lima orang saja. Setelah itu, 10 menit kemudian 10 orang. Itu juga berlaku untuk tempat wisata lain,” ucapnya.

Baca Juga :  Korsleting Saluran Freon AC, Bus PO Haryanto Ludes Terbakar, 10 Penumpang Selamat

Suasana wisata Tamansari, Keraton Yogyakarta mulai ramai pengunjung meski belum dibuka, Minggu (5/7/2020) (Tribun Jogja/ Miftahul Huda)

Lebih lanjut GKR Bendara mengatakan, untuk saat ini jumlah kunjungan wisatawan masih dibatasi dengan jumlah kunjungan yang terendah.

Selain itu, para pengunjung yang berada di objek wisata tetap harus menjalankan protokol kesehatan.

Selain kepada pengunjung, para abdi dalem di lingkungan Keraton juga diminta patuh soal kesehatan. Mereka diimbau selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Karena mereka kan juga rentan dari sisi usia, jadi kita tetap minta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Pengunjung dan petugas akan kita evaluasi secara berkala. ini penting untuk mengetahui sejauh mana uji coba ini nyaman bagi para pengunjung,” katanya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com