JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Info Lur, Pasar Eromoko Wonogiri Segera Dibangun Lho, Paling Lambat Dimulai Pekan Pertama September 2020

Pasar Eromoko wonogiri
   
Pasar Eromoko wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kendati di masa pandemi Pemkab Wonogiri masih melanjutkan pembangunan alias revitalisasi pasar tradisional.

Kali ini yang mendapat giliran adalah Pasar Kecamatan Eromoko yang berada tepat di depan kantor Kecamatan Eromoko. Setelah rampung dibangun, pemerintah berharap omzet pasar tradisional itu dapat meningkat.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri Wahyu Widayati menuturkan, pasar Eromoko dilihat dari lokasi sangat strategis. Hanya saja kurang representatif lantaran itu perlu direvitalisasi.

Pasar Eromoko memiliki luas tanah 10.030 meter persegi. Khusus bangunannya 5.529,5 meter persegi. Pasar Eromoko sudah pernah direnovasi kali. Pasar ini direnovasi untuk pertama kalinya di tahun 1986, sejak saat itu hanya dilakukan renovasi sebanyak lima kali. Dan terakhir kalinya, pemerintah melakukan renovasi di tahun 2014 silam.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Wahyu menuturkan, ada 80 pedagang Pasar Eromoko yang menempati kios, 405 pedagang los dan 26 pedagang oprokan. Omzetnya pasar sekitar Rp 35 miliar per tahunnya.

Sosialisasi revitalisasi pasar Eromoko digelar di pendopo Kecamatan setempat, Jumat (14/8/2020). Bupati Joko Sutopo memberikan gambaran seputar manfaat adanya revitalisasi nantinya kepada kalangan pedagang. Pun para penjual di pasar Eromoko mendukung penuh upaya tersebut.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

“Biaya revitalisasi Pasar Eromoko dikucurkan anggaran Rp 5 miliar alokasi dana Banprov, dan alokasi APBD Wonogiri Rp 150 juta. Skema pembangunan konstruksi akan dilakukan di kios bagian depan, kios yang menghadap timur dan los depan pasar.

“Pembangunan dimulai paling lambat pekan pertama September mendatang. Nanti pedagang menempati lokasi di parkir atau halaman depan pasar dan sekitarnya. Untuk parkir nanti disesuaikan dengan lokasi, bahkan halaman kantor kecamatan bisa digunakan untuk parkir,” jelas Bupati. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com