JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Madu untuk Obat Tidak Aneh, Sudah Diajurkan Sejak Zaman Para Nabi

Madu hutan borneo87 yang baru diruang dari drum ke dalam botol / dok pribadi
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Madu itu untuk obat atau sekadar untuk meningkatkan imunitas demi menjaga kesehatan tubuh? Pertanyaan itu yang seringkali muncul ke permukaan.

Boleh percaya boleh tidak, madu sebenarnya merupakan obat untuk berbagai macam penyakit. Bahkan sejak zaman para nabi dan dalam kitab agama apapun, madu dianjurkan sebagai obat untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit.

Surat An Nahl yang tercantum dalam Alquran dan terjemahannya misalnya, menyebutkan adanya persamaan antara madu yang dihasilkan oleh lebah dengan Alquranul Karim.

“… Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS An Nahl:69 – republika.co.id).

Dalam ajaran agama Buddha disebutkan, ada lima jenis obat yang biasa dikonsumsi oleh para bhikku setelah mereka makan siang, salah satunya adalah madu.

Disebutkan pula, ketika bhikku mengalami sakit, maka yang digunakan sebagai obat adalah madu. Sedangkan dalam Artharvaveda XII.3.44 ditulis, madu dicampur dengan mentega yang dijernihkan (disajikan pada tamu menyehatkan). Madu dan susu, disebutkan baik untuk kesehatan.

Selaras dengan hal itu, kitab Injil pun mewartakan hal yang serupa. Dalam Amsal 16:24 misalnya, disebutkan: Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Sedangkan dalam Amsal 24:13 disebutkan: Anakku, makanlah madu, sebab itu baik; dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu.

Sedangkan dalam kitab pengobatan agama Hindu, Ayurveda, madu juga ditempatkan sebagai hal yang istimewa.

Kitab Ayurveda dianggap sebagai ilmu pengetahuan tentang hidup dan sudah dianggap sebagai metode pengobatan tertua. Bahkan, metode pengobatan Ayurveda juga dipakai dalam beberapa metode pengobatan di dunia barat (Wikipedia).

Salah satu bagian penting dari Ayurveda Rasayana yang secara sederhana berarti sesuatu yang mengembalikan orang kekeadaan muda secara fisik dan mental.

Di berbagai ramuan Rasayana yang 100 persen terdiri dari bahan alami, madu merupakan komponen yang penting.

Disebutkan bahwa Rasayana disiapkan dengan madu dan ghee (mentega yang dimurnikan), karena potensi dan preservasi herbal secara permanen terikat pada madu dan ghee (wordpress.com).

Kutipan-kutipan di atas setidaknya menunjukkan bahwa madu, khususnya madu hutan yang murni memang bermanfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

Tanpa Pengolahan

Sekarang, untuk mendapatkan madu sangat mudah. Ada berbagai macam madu, baik madu hutan maupun madu dari lebah yang diternakkan, atau madu yang telah mendapat sentuhan industrialisasi.

Merujuk pada ajuran kitab-kitab di atas, apakah semua madu baik? Mengenai hal itu, pemilik usaha madu hutan Borneo87, Nunung Jaka Hargana mengatakan, semua madu adalah baik.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Hanya saja, kualitas madu sangat tergantung pada jenis dan variasi nektar yang diisap oleh lebah. Bahkan ia mengilustrasikan, sama-sama madu hutan pun, belum tentu memiliki kualitas yang sama dan serupa.

“Yang membedakan bukan wilayah adinistrasi dan geografisnya, tapi jenis tanamannya,” ujar alumnus  Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman, Kalimantan itu.

Berdasarkan pengalamannya selama 30 tahun malang melintang di pelosok hutan Kalimantan, ia berkisah, Kalimantan dikenal sebagai gudangnya tanaman obat.

Salah satu yang cukup dikenal dan familier adalah tanaman pasak bumi. Belum lagi yang belakangan sempat viral adalah pohon bajakah.

“Itu baru beberapa. Di pedalaman Kalimantan masih ada ratusan atau lebih jenis tanaman obat-obatan,” ujar mantan pegawai HPH yang kini menekuni bisnis madu hutan Borneo87 tersebut.

Nunung Jaka mengatakan, sesuai namanya madu hutan, maka madu Hutan Borneo87 tidak mengalami pengolahan atau sentuhan industri sama sekali.

Madu hutan Borneo87 murni madu unduhan petani di pelosok hutan Kalimantan. Hal ini, yang menurut Nunung Jaka, menentukan khasiat madu hutan Borneo87.

Kini untuk mendapatkan madu hutan Borneo87 tidak perlu datang ke Kalimantan. Cukup dengan mengontak: 082328048189, pesanan dapat secepatnya diantar atau dikirim. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com