JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNNES Kerjasama Dengan Puskesmas Jatisrono I Wonogiri Terbitkan Booklet Siaga Corona Alias BOSICO, Ternyata Untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Bosico
Ketua Tim Pengabdian Prodi Gizi Unnes bersama Kepala UPTD Puskesmas Jatisrono I Wonogiri menunjukkan versi cetak BOSICO. Dok. Istimewa
   
Bosico
Ketua Tim Pengabdian Prodi Gizi Unnes bersama Kepala UPTD Puskesmas Jatisrono I Wonogiri menunjukkan versi cetak BOSICO. Dok. Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Puskesmas Jatisrono I Wonogiri bekerjasama dengan Tim Pengabdian Prodi Gizi Universitas Negeri Semarang (UNNES) menerbitkan Booklet Siaga Corona (BOSICO): Media Edukasi Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19.

Booklet tersebut terdiri dari empat seri. Meliputi Mengenal dan Mencegah Penularan COVID-19, Panduan Praktis Kegiatan Sehari-hari di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Sehat dan Bugar di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, dan Kesehatan Ibu Anak di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. Versi cetak dari keempat booklet tersebut telah didistribusikan ke 55 posyandu yang termasuk dalam wilayah kerja Puskesmas Jatisrono I.

Bidan desa aktif mendistribusikan versi cetak BOSICO ke Posyandu. Dok. Istimewa

“Keberadaan BOSICO ini sangat membantu sosialisasi protokol kesehatan pada masyarakat, khususnya melalui kader-kader posyandu. Apalagi informasi yang tertulis di sini sudah disesuaikan dengan perkembangan terbaru,” jelas Kepala Puskesmas Jatisrono I, dr. Kristiawan Teguh Wibowo ketika menerima versi cetak dari BOSICO.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

Antusiasme juga dirasakan kader Posyandu yang telah menerima versi cetak dari BOSICO. Retno, salah satu kader Posyandu menyatakan BOSICO ini memudahkan kader posyandu untuk menyampaikan dan memberi pengertian dan pengarahan kepada warga tentang virus.

“Semoga BOSICO ini bermanfaat agar kita selalu sehat terhindar dari virus Corona,” beber Retno.

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (19/10/2020), Arif Rahmat Kurnia, Ketua Tim Pengabdian BOSICO menyatakan penyusunan BOSICO merupakan bagian dari kegiatan tridharma UNNES dalam meringankan beban masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Keberadaan BOSICO diharapkan dapat membantu kader Posyandu dalam melakukan sosialisasi pencegahan penularan COVID-19.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Pengabdian yang dilakukan tim tidak hanya berhenti dengan mencetak dan mensosialisasikan BOSICO. Tetapi juga dengan melakukan pemberian masker medis kepada tenaga kesehatan di Puskesmas Jatisrono I.

“Kondisi pandemi ini tentu menjadi perhatian bagi kita semua, dan diharapkan penularannya dapat dicegah dengan memahami protokol kesehatan dengan tepat. Dalam rangka membantu hal tersebut, maka versi digital dari BOSICO dapat diunduh dan didistribusikan secara bebas pada tautan http://bit.ly/BOSICO,” beber Arif. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com