JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

11 Pedagangnya Positif Covid-19, Pasar Gede Solo Bagian Timur Ditutup 7 Hari

Ilustrasi virus corona. Pixabay
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkot Solo melalui Satgas Penanganan Covid-19 memutuskan untuk menutup sementara Pasar Gede bagian Timur selama tujuh hari. Penutupan sementara pasar ikon Kota Solo tersebut dilakukan menyusul 11 pedagangnya dinyatakan positif Corona.

Menurut Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, pilihan untuk menutup sementara Pasar Gede selama tujuh hari ke depan mulai tanggal 1 Desember hingga 7 Desember 2020 merupakan pilihan terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Selain itu, menjadi peringatan bagi pedagang dan pembeli lainnya. Agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, memakai masker,” paparnya, Senin (30/11/2020).

Baca Juga :  Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 22 KM Saat Mudik Lebaran 2024

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Heru Sunardi menambahkan, selama penutupan akan dilakukan penyemprotan disinfektan di area pasar. Sedangkan bagi pedagang lainnya, pihaknya meminta agar melakukan karantina mandiri.

“Tugas kita adalah, melakukan sterilisasi. Semoga tidak ada perubahan waktu penutupan sementaranya. Kita juga akan mengantisipasi agar pedagang tidak menggelar dagangannya di sekitar Pasar Gede. Kalau diminta karantina mandiri ya harus di rumah,” imbuhnya.

Menurut Heru, awalnya diketahui tiga pedagang Pasar Gede dinyatakan positif covid-19. Kemudian dilakukan tracing dan kemudian ditemukan lagi delapan tambahan pedagang lain dinyatakan positif covid-19.

Baca Juga :  Pertamina Amankan Persediaan BBM dan Elpiji di Soloraya Selama Periode Ramadan dan Lebaran 2024

“Kami menekankan pada pedagang dan pembeli, kalau memakai masker itu dimana saja. Tidak hanya saat di dalam pasar saja. Karena penyebaran Corona dapat terjadi di manapun,” tukasnya.

Di sisi lain, jumlah kasus positif covid-19 di Kota Solo per Minggu (29/11/2020) tercatat sebanyak 2.349 kasus. Dari jumlah tersebut, 1.390 orang diantaranya dinyatakan sembuh, 678 orang lainnya menjalani isolasi mandiri. Sedangkan 172 orang menjalani perawatan di RS dan 109 orang meninggal dunia. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com