JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Tembus Angka 1.416 Orang Per 1 Juta Penduduk Per Minggu, Tes PCR Jateng Lampaui Target WHO

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto: Humas Pemprov Jateng
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM –– Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo tak menampik terjadinya peningkatan kasus aktif COVID-19 di Jateng. Menurut Ganjar meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di Jateng karena tes PCR juga tinggi.

Saat ini, tes PCR di Jateng sebanyak 1.416 orang per 1 juta penduduk perminggu, artinya sudah melebihi target WHO sebanyak seribu orang per satu juta penduduk.

“Misalnya saya sebutkan, pada minggu ke-4 Oktober tes PCR Jateng 625/1 juta penduduk, naik menjadi 809/1 juta penduduk pada minggu 1 November dan sekarang mencapai 1.416/1 juta penduduk pada minggu ke-2 November,” ujar Ganjar usai rapat evaluasi COVID-19 di Kantor Pemprov Jateng, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga :  Dampak Banjir Kudus, 141 Warga Masih Tinggal di Posko Pengungsian Sepekan Ini

Pihaknya juga mengatakan hingga saat ini kuota tempat tidur dan ICU di wilayah Jawa Tengah masih aman. Bahkan, beberapa rumah sakit melakukan penambahan.

“Meski kasus tinggi karena tes digencarkan, namun untuk tempat tidur, ICU masih aman. Beberapa rumah sakit juga melakukan penambahan,” tegas Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo merinci, sebanyak 3.551 pasien terkonfirmasi COVID-19 di Jawa Tengah dirawat di rumah sakit. Adapun, 3.944 pasien menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga :  Pemkot Semarang Ancam Pengembang yang Tak Lakukan Kajian Teknis Tata Ruang dan Bangunan Hingga Picu Banjir

Ia juga menuturkan, ketersediaan ICU untuk pasien COVID-19 masih mencukupi. Dari 402 ruang ICU untuk pasien COVID-19, yang terpakai yaitu 253 ruangan (62,9%).

Adapun total ruang isolasi RS COVID-19 sebanyak 5.124 dan baru terpakai 3.889 (75,9%).

Selain itu, Yulianto membenarkan bahwa ada perbedaan data antara pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan pusat. Pihaknya mengatakan akan terus berkoordinasi untuk menyelesaikan persoalan itu. Kahlil Tama

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com