JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

UMP Jateng Naik, UMK Sragen 2021 Masih Tunggu Pembahasan Dewan Pengupahan. Disnaker Berharap Usulan Bisa Satu Angka!

Ilustrasi uang
   

 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM
Upah Minimum Kabupaten (UMK) Sragen tahun 2021 masih misteri. Meski Gubernur Jateng sudah menaikkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) belum bisa memprediksi atau memastikan apakah UMK Sragen mengalami kenaikan atau tidak.

Mengacu SK Gubernur tahun lalu, UMK Sragen 2020 dipatok di angka Rp 1,815,914. Plt Kepala Disnaker Sragen, Zubaidi mengatakan pihaknya belum bisa berkomentar perihal UMK Sragen 2021.

Baca Juga :  Dua Kali Panen Padi Melimpah Dan Harga Jual Tinggi, Pemerintah Desa Bedoro Sragen Akan Menggelar Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Bentuk Rasa Syukur Pada Allah

Masalah itu baru akan dirapatkan dengan dewan pengupahan bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) pekan depan.

“Kita belum bisa bicara apa-apa soal UMK. Minggu depan baru akan kita bahas,” paparnya, Minggu (8/11/2020).

Zubaidi menjelaskan pembahasan nantinya juga akan melibatkan serikat buruh. Dari provinsi, usulan UMK kabupaten sangat diharapkan hanya satu angka alias angka yang sudah disepakati bersama.

Ia menyampaikan dalam pembahasan usulan UMK, kabupaten tetap akan berpedoman pada UMP dan UMK tahun lalu dengan mempertimbangkan komponen-komponen lain.

Baca Juga :  Harga Gas LPG 3 Kg di Sragen Naik Ugal Ugalan Per Tabung Tembus Rp 30000 Warga: Sudah Terjadi 1 Minggu Sebelum Lebaran Idul Fitri

“Sejauh ini belum ada usulan angka baik dari buruh maupun pengusaha. Kita juga masih nunggu teman-teman di Solo Raya kelihatannya juga masih belum,” imbuhnya.

Meski UMP Jateng naik, ia belum berani menggaransi UMK daerah juga otomatis naik. Sebab kondisi di daerah nantinya akan tergantung dari hasil pembahasan dewan pengupahan yang di dalamnya asa perwakilan pengusaha maupun buruh. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com