JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Heboh Foto Soal Ujian yang Singgung Anies dan Mega, Dinas Pendidikan DKI Jakarta Lakukan Pengusutan

ujian
ilustrasi/tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Dunia pendidikan lagi dihebohkan oleh foto soal ujian sekolah yang mencantumkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Mega.

Foto itu tersebar baik di media sosial ataupun aplikasi pesan. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana menuturkan, pihaknya telah menyelidiki asal-usul soal tersebut.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menyelidiki terkait dengan beredarnya foto soal ujian sekolah melalui aplikasi pesan dan media sosial yang menyebutkan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Mega,” jelas dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/12/ 2020).

Baca Juga :  Untuk Deteksi Covid-19, Kemenhub Akan Sebar 200 GeNose di 44 Titik Stasiun di Jawa dan Sumatera

Menurut Nahdiana, konfirmasi dilakukan kepada kepala sekolah dan guru yang membuat soal. Menurut dia, si pembuat soal tak bermaksud mendukung ataupun mencemarkan nama baik pejabat.

Soal itu dibuat lantaran ada unsur kompetensi dalam mata pelajaran, seperti pembentukan karakter, integritas, sabar, dan tanggung jawab.

“Terkait hal tersebut, redaksionalnya memang memiliki kesamaan nama namun tidak ada maksud mendukung maupun mencemarkan nama baik pejabat publik,” katanya.

Baca Juga :  Tanda-tanda Gerindra Mulai Jauhi Anies? Ini Pandangan Pengamat

Nahdiana melanjutkan, tidak pernah ada imbauan kepada guru untuk membuat soal ujian sekolah yang menyematkan nama pejabat publik. Dinas juga telah mengingatkan agar pembuat soal tak mengulangi perbuatannya.

“Karena, hal tersebut berpotensi menjadi unsur pelanggaran netralitas terhadap posisi ASN (aparatur sipil negara),” ujar dia.

www.tempo.co