JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Masuki Masa Tenang Pilkada Wonogiri 2020, Ribuan APK Berupa Baliho Spanduk Poster Hingga Stiker Akhirnya Diturunkan

Penertiban APK serentak di seluruh Wonogiri. Dok. Kodim 0728
   
Penertiban APK serentak di seluruh Wonogiri. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tahapan Pilkada Wonogiri 2020 sudah memasuki masa tenang Minggu-Selasa (6-8/12/2020). Bawaslu menyikapinya dengan melaksanakan penertiban alat peraga kampanye (APK).

Penertiban APK serentak dilakukan hingga tingkat kecamatan. Jenis APK yang ditertibkan berupa spanduk, baliho, pamflet, umbul-umbul, rontek, dan sejenisnya.

Menurut Ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub, sampai Minggu sekitar 85 persen APK sudah ditertibkan. Sisanya ditertibkan Senin (7/12/2020) hari ini.

Baca Juga :  Eling eling Bolo! Area Blackspot alias Rawan Kecelakaan selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

“Untuk APK yang sulit ditertibkan, kami meminta bantuan Satpol PP. Intinya besok sudah bersih dan sudah tertib,” kata dia.

Pada masa tenang Pilkada Wonogiri 2020, Bawaslu Wonogiri, sebut dia, melakukan patroli atau kegiatan pengawasan. Kegiatan itu serentak dilalukan hingga tingkat kecamatan. Dalam pelaksanaanya, Bawaslu dibantu Satpol PP, anggota KPU, Kepolisian dan pihak terkait lainnya.

“Patroli ini dilakukan untuk menertibkan APK dari kedua Paslon. Selain itu juga memastikan tidak ada kegiatan kampanye dan politik uang,” beber dia.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

Berdasarkan data dari Bawaslu Wonogiri, hingga Senin (7/12) siang, terdapat 2.423 APK yang ditertibkan. Perinciannya 486 baliho, 809 spanduk, 730 rontek, 175 umbul-umbul, 46 poster, 139 stiker, dua billboard, 36 pamflet dan 243 bendera.

Sebelum pencoblosan, pihaknya akan terus berpatroli melakukan pemantauan dan monitoring. Namun begitu, hingga hari kedua masa tenang belum ditemukan adanya temuan pelanggaran. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com