JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Daerah Priangan Timur Diguncang Gempa, Guncangan Terasa Sampai di Garut dan Tasikmalaya

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Daerah Priangan Timur dilanda gempa tektonik bermagnitudo 3,5, Selasa (19/1/2021) pukul 16.52 WIB. Bahkan, guncangannya terasa oleh sebagian warga di Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Mrnurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  sumber gempa berasal dari laut.

Dari keterangan BMKG yang disampaikan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang,  Hendro Nugroho secara tertulis, pusat sumber atau episenter gempa terletak pada koordinat 8.02 LS dan 107.86 BT.

Baca Juga :  Peluang Pertemuan Prabowo-Mega Lebih Besar Ketimbang Jokowi-Mega

“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 kilometer arah barat daya Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Dampak gempa seperti yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangannya dirasakan warga di wilayah Cibalong, Kabupaten Garut, juga Cipatujah di Kabupaten Tasikmalaya.

Skala Intensitas gempanya berkisar II – III MMI. Guncangan membuat benda-benda yang digantung bergoyang hingga getarannya terasa di dalam rumah seakan ada truk yang melintas.

Baca Juga :  Megawati Ajukan Diri sebagai  Amicus Curiae Dalam Sengketa Pilpres ke MK, Ini Artinya

Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut, juga gempa susulan hingga pantauan pukul 17.40 WIB.

Sumber gempa itu berkedalaman 24 kilometer. Namun gempa tersebut tergolong gempa dangkal, penyebab gempa disebut akibat aktivitas sesar di dasar laut.

BMKG mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com