JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tanah Longsor Melanda Glonggong Dusun Sidorejo Desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo Wonogiri, Jalur Lintas Selatan Tertutup Material Batu dan Tanah Hingga Kendaraan Tak Dapat Melintas

Petugas dan relawan mengatur lalu lintas di lokasi longsor Glonggong Dusun Sidorejo Desa Guwotirto Kecamatan Giriwoyo Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kembali bencana alam tanah longsor melanda wilayah Wonogiri. Kali ini terjadi di daerah Glonggong perbatasan dengan Pacitan, Jatim, Kamis (28/1/2021).

Informasi yang dihimpun longsor terjadi pada tebing di pinggir Jalur Lintas Selatan (JLS). Material longsor berupa batu besar dan tanah sampai menutup jalan nasional itu, akibatnya kendaraan tidak bisa melintas.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto menyebutkan, peristiwa terjadi dinihari sekitar pukul 03.00 WIB. Lokasi kejadian tepatnya
di Dusun Sidorejo RT 1 RW 2 Desa Guwotirto, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

“Tepatnya di jalur jalan nasional kilometer 48 dari arah kota Wonogiri,” jelas dia.

Pemicu bencana alam itu menurut dia
adalah hujan dengan intensitas sedang dengan durasi lebih dari satu jam. Dampak yang ditimbulkan
tebing tanah di tepi JLS arah Wonogiri- DIY-Pacitan mengalami longsor dengan volume panjang sekitar 15 meter dengan ketinggian sekitar 18 meter.

“Material longsor menimpa badan jalan nasional mengakibatkan akses jalan tidak dapat dilalui kendaraan sehingga terjadi kemacetan,” beber dia.

Baca Juga :  Daftar Objek Wisata di Wonogiri yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024, ada Kuliner Juga Loh

Upaya yang dilakukan berkoordinasi dengan Bina Marga Provinsi Jateng , Polres dan DPU Wonogiri. Saat ini dari Bina Marga Provinsi sudah proses pengiriman alat berat.

Juga dilakukan pengalihan arah jalur jalan melalui jalan alternatif atau jalan desa khususnya kendaraan roda 4 tonase kecil. Saat ini masih dalam proses pengaturan kendaraan guna kelancaran alat berat ke lokasi.

“Tindak lanjut untuk pengaturan lalu lintas telah dilakukan oleh Polres Wonogiri,” ujar dia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com