JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Dilanda Banjir, Beberapa KA Batal Berangkat. Tiket Dikembalikan 100 Persen, Penumpang Diberi Waktu 30 Hari ke Depan  

Kondisi ruas rel yang terendam banjir akibat cuaca ekstrim yang mengakibatkan perjalanan kereta api jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dibatalkan, Jakarta, Senin (22/2/2021) / tribunnews
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Curah hujan yang intensif dalam beberapa hari belakangan, membuat infrastruktur untuk kereta api sempat terganggu.

Sampai Selasa (22/2/2021), jalur kereta api antara Kedunggedeh – Lemahabang, di wilayah Jakarta masih dalam perbaikan oleh petugas di lapangan akibat pondasinya yang tergerus oleh banjir.

“Saat ini kondisi jalur masih belum aman untuk dilalui kereta api, sehingga perjalanan kereta api yang melalui jalur lintas Kedunggedeh – Lemahabang pada keberangkatan tanggal 22 Februari belum dapat dioperasikan,” jelas Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, pada Selasa (23/02/2021).

PT KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Saat ini petugas sedang berupaya semaksimal mungkin agar jalur kereta api antara Kedunggedeh – Lemahabang dapat segera dioperasikan kembali.

Untuk mempercepat proses perbaikan, PT KAI telah menurunkan alat berat berupa mesin Profile Ballast Regulator yang berfungsi untuk mengembalikan pondasi jalur kereta api seperti semula.

Baca Juga :  Senggol Motor Saat Mendahului, Pelajar SMP di Kulonprogo Ini Jatuh dan Dihantam Pikap Hingga Tewas

Kereta api dari dan menuju Daop 6 Yogyakarta yang sempat dibatalkan keberangkatan adalah :

  1. Kereta api Jayakarta relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng pp
  2. Kereta api Progo, relasi Lempuyangan – Pasar Senen pp
  3. Kereta api senja utama solo, relasi Solo – Pasarsenen pp
  4. KA Singasari, relasi Blitar – Pasarsenen pp
  5. Kereta api Bengawan, relasi Purwosari – Pasarsenen pp
  6. Kereta api Bima, relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp
  7. Kereta api Gajayana, relasi Gambir-Malang pp
  8. Kereta api Argo Lawu, relasi Gambir – Solo Balapan pp

Bagi pelanggan kereta api yang sudah memesan tiket pada kereta api yang dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun.

Pembatalan tiket karena kereta api batal akan dikembalikan 100 persen.

Baca Juga :  Selama Libur Lebaran 2024, Terjadi 9 Kecelakaan Laut di Wilayah DIY

Pelanggan kereta api yang kereta apinya batal Selasa (22/2/2021), PT KAI memberikan waktu pembatalan sampai 30 hari kedepan.

“Pelanggan kereta api yang kereta apinya batal hari ini, tidak harus membatalkan tiketnya sekarang, namun bisa hingga 30 hari kedepan,” ujarnya.

Pembatalan dapat dilakukan di seluruh stasiun penjualan tiket kereta api Jarak Jauh / Lokal hingga 30 hari setelah tanggal keberangkatan.

Seperti diketahui, cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah tersebut, pada Sabtu (20/2/2021), mengakibatkan banjir serta meluapnya sungai yang menyebabkan pondasi jalur kereta api tergerus oleh derasnya arus banjir.

“KAI memohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat dibatalkannya perjalanan kereta api karena cuaca ekstrem yang mengakibatkan jalur kereta api terendam banjir. Kami akan terus berupaya dengan maksimal agar perjalanan kereta api dapat segera kembali normal,” tutupnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com