JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ditarget 15.000 Ton, Gudang Bulog Triyagan Ternyata Baru Serap 0,5 Persennya Saja di Wilayah Karanganyar. Harganya Rp 4.000-Rp 4.200 Perkilogram, Begini Syaratnya Kalau Mau Dibeli!

Penyerapan gabah hasil panen petani oleh Bulog di Desa Gaum. Foto/Istimewa
ย ย ย 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Gudang Bulog Triyagan mengaku baru menyerap 70 ton gabah petani di wilayah Karanganyar.

Jumlah itu baru 0,5 persen dari angka 15.000 yang ditargetkan Bulog Surakarta untuk wilayah Karanganyar.

Meski demikian, pihak Gudang Bulog Triyagan tetap optimis dapat menyerap gabah petani sebagaimana yang disepakati dalam MoU antara Dispertan PP dengan Bulog.

Kepala gudang GPP Bulog Triyagan Tri Aswarno mengatakan 70 ton gabah itu diserap dari hasil panen para petani yang berada di Kecamatan Jaten, Tasikmadu dan Matesih.

Menurutnya, target 15.000 ton masih bisa tercapai dan pihaknya tetap optimistis.

Tri menyampaikan, salah satu pertimbangan pembelian gabah petani, salah satunya karena saat ini harga gabah ditingkat petani mengalami penurunan.

Harga pembelian untuk gabah kering panen (GKP) dipatok harga Rp 4.200. Dengan syarat kadar air maksimal 25 persen serta kotoran hampa 10 persen. Sedangkan jika kadar air di atas 30 persen, Bulog hanya membeli dengan harga Rp 4000 per kilogram.

โ€œSesuuai dengan Mou, target penyerapan gabah petani di Karanganyar 15.000 ton yang merupakan sisa panen bulan Maret sampai April 2021. Gabah petani sebanyak 70 ton yang baru kita serap merupakan hasil panen para petani yang berada di Kecamatan Jaten, Tasikmadu dan Matesih,โ€ paparnya kepada wartawan di sela penyerapan gabah di wilayah Desa Gaum, Tasikmadu, Sabtu (27/3/2021).

Ia menguraikan selain penyerapan GKP, Bulog juga menerima gabah kering giling (GKG). Persyaratannya kadar air 14 persen dengan harga beli Rp 5.000 per kilogram.

โ€œBagi petani yang akan menjual hasil panen, dapat menyampaikan melalui penyuluh pertanian lapangan. Nanti kami yang akan langsung ke lokasi,โ€ terangnya

Kasi Distribusi dan Cadangan Pangan Dispertan PP Karanganyar, Budi Sutrisno menambahkan peluang Bulog untuk memenuhi target sebanyak 15.000 ton gabah masih ada.

Terutama di tiga kecamatan yang saat ini belum selesai panen. Ketiga kecamatan tersebut masing-masing Kecamatan Jaten, Tasikmadu dan Kebakkramat.

โ€œKetiga wilayah tersebut merupakan lumbung pangan di Karanganyar. Terutama di kecamatan Kebakkramat. Untuk itu, kami mendorong Bulog agar bergerak cepat. Jika tidak maka pedagang besar dari Pantura akan datang untuk beli gabah petani,โ€ katanya.

terpisah, Ketua Gapoktan Desa Gaum, Sunarmanto mengatakan, pembelian GKB yang dilakukan oleh Bulog ini, sangat menguntungkan para petani ditengah merosotnya harga gabah.

Ia menyebut harga pembelian yang dilakukan Bulog lebih tinggi. Sebab jika menjual ke tengkulak dengan harga dikisaran Rp 3.600-Rp 3.800 per kilogram.

“Harganya termasuk tinggi.Tentu saja dengan standar yang ditentukan oleh Bulog,โ€ tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com