JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Anak Buah Mantan Kemensos Ini Banting Laptop Pribadi Demi Hilangkan Barang Bukti

Juliari Batubara (tengah) memakai rompi oranye seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Foto: TEMPO/M Taufan Rengganis via Tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Demi menghilangkan barang bukti, anak buah mantan Menteri Sosial Juliari Batubara pernah  mengganti nomor ponselnya sampai tiga kali dan membanting laptop pribadinya, lalu menggantinya dengan laptop baru.

Tindakan tersebut dilakukan oleh Kasubdit Penanganan Korban Bencana Sosial dan Politik Kemensos, Matheus Joko Santoso.

“Arahan itu disampaikan Adi Wahyono. Tujuan dari arahan tersebut ialah menghilangkan catatan terkait penerimaan uang komitmen dan penyerahan uang kepada Menteri Sosial RI,” ujarnya saat menjalani pemeriksaan di KPK.

Baca Juga :  Perang Urat Syaraf antar Tim Kuasa Hukum Memanas Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK

Tak berhenti di situ, Matheus juga mendapat perintah untuk menghapus beberapa chat atau percakapan yang berkaitan dengan penerimaan uang komitmen dari rekanan penyedia bansos Covid-19.

Selain diminta menganti ponsel dan menghapus percakapan, Matheus juga diminta untuk membanting laptop pribadinya dan mengganti dengan yang baru.

Baca Juga :  PPP dan TPN Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan PHPU di MK Hampir Bersamaan

“Tujuannya agar dapat menghilangkan catatan terkait penerimaan uang komitmen dan penyerahan uang kepada Mensos,” ucapnya kala itu.

Dalam kasus ini, Matheus mengaku telah menyerahkan uang kepada Juliari Batubara sebesar Rp 14,7 miliar dalam putaran pertama dan Rp 2 miliar pada putaran kedua pengadaan bansos.

“Sehingga total yang diserahkan ke Menteri Sosial sebesar Rp 16,7 miliar,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com