JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Begini Contoh Mitigasi Bencana yang Dilakukan di Sepanjang Aliran Sungai Kecamatan Selogiri Wonogiri,Ternyata Tidak Sekedar Resik-resik Kali

Upaya mitigasi bencana dengan membersihkan aliran sungai di Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri
ย ย ย 
Upaya mitigasi bencana dengan membersihkan aliran sungai di Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Mitigasi bencana menjadi semangat yang selalu digaungkan dalam kegiatan di BPBD Wonogiri. Tidak sendirian, BPBD juga menggandeng relawan lintas komunitas bersama pamong desa dan masyarakat untuk ikut aktif dalam mitigasi bencana.

Sebagaimana dilaksanakan pada Minggu (28/2). BPBD dan sejumlah unsur melakukan gerakan massal mitigasi bencana dalam upaya Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di wilayah Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Mereka melakukan resik-resik kali alias bersih-bersih aliran sungai.

Baca Juga :  Mengenal Pemanfaatan Program Indonesia Pintar di Ujung Barat Laut Wonogiri

“Kegiatan di sepanjang alur Sungai Selogiri yang memanjang dari hulu Desa Keloran sampai Desa Jaten Kecamatan Selogiri. Mencakup 6 wilayah desa, yakni Desa Keloran, Pare, Kepatihan, Jendi, Pule dan Jaten,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Senin (1/3/2021).

Bambang Haryanto, mengatakan, gerakan massal para relawan bersama pamong desa dan masyarakat di enam desa tersebut, diinisiasi Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Ternyata tidak sebatas bersih-bersih sungai, upaya lain juga dilaksanakan untuk selalu mengingatkan warga tentang pentingnya menjaga lingkungan alam.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

“Ada pemasangan spanduk sebagai sarana kampanye tentang pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan sungai,” sebut dia.

Sejumlah relawan yang bergabung di antaranya Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDDI), Forum Relawan Kecamatan Selogiri dan para Relawan Destana (Desa Tangguh Bencana) se Wilayah Kecamatan Selogiri. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com