JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Hujan Abu Tipis Terjadi di Sebagian Kecamatan Dukun Magelang

Penampakan guguran awan panas Gunung Merapi, Rabu (27/1/2021). Foto: Instagram/bpptkg
   

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebagian wilayah Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah diguyur hujan abu tipis, Selasa (30/3) pagi.

Sebelum hujan abu, Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran.

Seorang warga Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Ismanto, di Magelang, Selasa, mengatakan warga yang tengah kerja bakti di makam, tiba-tiba ada hujan abu tipis.

“Warga sedang kerja bakti di makam di bataran Sungai Tringsing tiba-tiba hujan abu. Tetapi kerja bakti tetap berlanjut karena hujan abu tipis tidak begitu mengganggu aktivitas,” katanya.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Awan panas Merapi terjadi pukul 7.06 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 135 detik. Jarak luncur sekitar 1.500 meter ke arah barat daya dan angin bertiup ke utara. Ismanto menyampaikan abu menempel di topi, pakaian dan dedaunan.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Relawan Guruh Merapi Agus Wahyudi mengatakan hujan abu tipis sementara terjadi di Desa Paten, Sengi, Mangunsoko, dan Desa Banyubiru Kecamatan Dukun.

“Berdasarkan laporan sementara beberapa desa di wilayah Kecamatan Dukun tersebut terjadi hujan abu tipis. Laporan bersifat sementara nantinya akan di-update lagi,” katanya.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com