JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Keren Lur, Begini Cara Mengendalikan Serangan Kera di Pemukiman Warga Sekaligus Mencegah Erosi. Dilakukan Puluhan Relawan Saat Menanam Bibit Pohon di Lawu Selatan Desa Kembang Kecamatan Jatipurno Wonogiri

Kepala Desa (Kades) Desa Kembang, Suwarno, menyambut baik inisiatif melakukan aksi penanaman pohon. Dia berharap aksi serupa bisa terus dilakukan oleh lembaga atau organisasi masyarakat lainnya.

“Wilayah Kembang atau Jatipurno merupakan hulunya dari Bengawan Solo. Jadi selain untuk memberikan makanan kera agar kembali ke habitatnya kegiatan ini merupakan salah satu upaya penanggulangan bencana banjir,” ujar Kades.

Sementara Susilo Winardi, dari Adm perhutani mengatakan wilayah yang diganami merupakan hutan lindung. Yakni kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, dan memelihara kesuburan tanah termasuk ekosistem di dalam hutan.

“Biarkan apa yang kita tanam ini nanti yang memetik buahnya kera, jangan masyarakat yang memetik, sehingga kera tidak akan turun ke ladang warga,” kata dia.

Baca Juga :  Innalillahi, Warga Temboro Karangtengah Wonogiri Meninggal Tertimpa Pohon Sengon

Camat Jatipurno, Bahari, mengapresiasi langkah itu. Pihaknya yang ada di pemangku kepentingan kecamatan memberikan penghargaan yang tinggi. Menurut dia, mengelola alam dengan baik ini bukan merupakan tugas teman-teman atau masyarakat di Jatipurno saja. Melainkan merupakan tugas dari kita semua, kita bersama-sama merawat sehingga nanti hasilnya anak cucu kita yang memperolehnya.

Pihaknya berharap penanaman tidak bershenti sampai di sini. Mesti ada lanjutan pelibatan masyarakat sekaligus sebagai sarana kampanye untuk peduli dan berbudaya lingkungan.

“Sehingga kita bisa bersama-sama menjaga hutan lebih hijau, ekosistem kera terjaga, warga sekitar hutan tak merasa khawatir kera masuk ke pekarangan warga. Cukup di hutan karena dalam hutan tersedia makanan buat mereka,” sebut Camat.

Baca Juga :  Warga Soloraya Magelang Pantura Pesisir Selatan Waspada Hujan Petir, Cek di Prakiraan Cuaca Jateng Selasa 7 Februari 2023

Penanaman bibit pohin diikuti sekitar 80 perwakilan dari relawan, tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Hadir dalam acara penanaman Jajaran Perum Perhutani, Kecamatan Jatipurno, Koramil Jaitpurno, Polsek Jatipurno, perangkat Desa Kembang, perwakilan dari relawan RS. Amal Sehat Slogohimo, Relawan Desa Kembang, Relawan YPK3, LMDH Kembang Kuncoro, Relawan BANSER, Relawan Peduli Jatipuno, Relawan Senkom, HKTI & Pemuda HKTI, Relawan Sapta Loka, Relawan Desa Tanggulangin, Relawan RPU Pusaka Perum Perhutani Relawan JA-GO (Jatisrono Gowes) dan komunitas masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Aria

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com