JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Menengok Water Boom Fenomenal di Desa Kaliwedi Gondang yang Bakal Termegah di Sragen. Dikelilingi Sawah Nan Asri, Dilengkapi Kolam Standar Internasional, Tapi Dibangun Hanya dari Dana Awal Rp 25 Juta!

Pesona water boom Jambangan Permai di Desa Kaliwedi, Gondang, Sragen yamg bakal termegah karena akan dilengkapi kolam berstandar internasional . Foto/Wardoyo


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Desa Kaliwedi, Kecamatan Gondang, Sragen bakal mencatatkan sejarah dengan memiliki bangunan obyek wisata termegah.

Obyek wisata berupa water boom dan kolam renang itu kini sudah berdiri dan tinggal menunggu diresmikan oleh bupati.

Kolam renang dan water boom yang diberi nama Jambangan Permai itu dibangun di atas lahan tanah kas desa seluas 1 hektare di Dukuh Toro, Kaliwedi. Water boom nan megah dan mewah itu dibangun dengan dana yang tak main-main yakni mencapai Rp 1,2 miliar.

Dibanding dengan water boom tingkat desa yang sudah ada, water boom Kaliwedi barangkali akan mencetak sejarah menjadi water boom termegah yang dikelola BUMDes.

Advertisement
Baca Juga :  Bupati Sragen: Kalau Seorang Pimpinan Marah Pasti Ada Dasarnya!

Menariknya, pembangunan water boom tersebut dirintis hanya dari dana modal awal hanya sebesar Rp 25 juta milik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat.

Foto/Wardoyo

Kades Kaliwedi, Daryono mengatakan water boom Jambangan Permai itu dibangun hanya dari dana modal awal BUMDes sebesar Rp 25 juta saat kali pertama dirinya menjabat di 2013.

Dari dana itu kemudian dikembangkan melalui simpan pinjam BUMDes hingga akhirnya berkembang pesat dan meroket menjadi Rp 1 miliar di 2020.

“Dari dana BUMDes itu berkembang berkembang terus dan kemudian tumbuh memiliki beberapa unit usaha. Ada kerjasama dengan BNI, pembayaran tagihan listrik, pembayaran PBB, transfer, toko online, dan Pamsimas hingga akhirnya asetnya bisa berkembang jadi Rp 1 miliar di 2020. Nah sebagian keuntungan digunakan untuk membangun water boom itu,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (18/3/2021).

Baca Juga :  Kabar Duka, TKI Asal Kalijambe Sragen Meninggal Dunia di Korea. Kabarnya di RS Namun Sakitnya Masih Misteri

Daryono menguraikan pembangunan water boom itu dirintis dari hasil aspirasi warga dan disesuaikan dengan potensi desa. Sehingga kemudian diwujudkan dengan membangun di lokasi lahan tanah kas desa di Dukuh Toro RT 8 yang berlokasi di tengah desa dan persawahan yang asri.

Water boom itu dibangun mulai tahun 2020 dengan dana Rp 1,2 miliar. Dana tersebut berasal dari bantuan keuangan khusus (BKK) senilai Rp 850 juta dan dari dana desa Rp 350 juta.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua