JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Pengajian Akbar Digelar SDIT Nur Hidayah Surakarta Sambut Ramadan 1442 H

Ustadz KH. Mahmud Mahfudz, Lc., MH. dalam paparan taushiyahnya menyampaikan, Ramadhan merupakan bulan reaktualisasi taqwa.

“Ada tahapan-tahapan dalam reaktualisasi taqwa,” ujarnya.

Pertama, adalah Mu’ahadah, yakni mengingat dan mengokohkan perjanjian kita dengan Allah SWT. di alam ruh. Dengan mu’ahadah, kita akan berusaha menjaga agar tindak tanduk kita tidak keluar dari kerangka perjanjian dan kesaksian kita.

Kedua, Muraqabah, yakni merasa diawasi oleh Allah SWT. Jadi kita akan sadar ada yang selalu mengawasi diri kita, apakah melanggar janji dan kesaksian tersebutbatau tidak.

Baca Juga :  Ini Jawaban MWA Atas Aksi Protes Mahasiswa FKOR UNS

Ketiga, Muhasabah, yakni usaha untuk menilai, menghitung, mengkalkulasi amal sholih yang kita lakukan dan kesalahan/maksiat yang dikerjakan.

Keempat, Mu’aqabah, yakni meng ‘iqab (menghukum/menjatuhi sanksi atas diri mereka sendiri, sebagaimana yang dilakukan para sahabat dan para salafus shalih.

Baca Juga :  Soroti Kebijakan Pengembangan Potensi Daerah di Indonesia, Prof Winarti Dikukuhkan Jadi Guru Besar Unisri Solo

“Kelima, Mujahadah, yakni upaya bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Menjauhi segala larangan-Nya serta menjalankan apa saja yang diperintah-Nya,” lanjutnya.

ada kesempatan ini juga disampaikan  Pengumuman Hasil Lomba Bakat Prestasi Siswa-siswi Kelas 1 dan 2 SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Serta Pengumuman Hasil Lomba Nur Hida Virtual Competition (NHVC) 2021. suhamdani

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com