JOGLOSEMARNEWS.COM Inspirasi

Tidurnya Orang Puasa Adalah Ibadah? Ini yang Dicontohkan Rasulullah Saat Berpuasa di Siang Hari

Ilustrasi/Foto: UIN Jakarta


JOGLOSEMARNEWS.COM Banyak orang mengatakan bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Padahal, tidak dibenarkan jika puasa hanya dijadikan alasan untuk tidur-tiduran atau bermalas-malasan, terutama di siang hari.

Usut punya usut, dalil agama yang biasa dijadikan tameng oleh orang-orang tersebut adalah hadis palsu yang sering disandarkan kepada Rasulullah SAW. “Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah.”

Dengan landasan hadis palsu tersebut, biasanya mereka menjawab kritikan orang-orang yang mencoba menasehati mereka untuk tidak terlalu banyak tidur ketika berpuasa di bulan Ramadan.

Rasulullah sebagai manusia terbaik, serta terdekat dengan Allah SWT, sangat mengetahui keutamaan bulan Ramadan.

Advertisement

Oleh karena itu, selama hidupnya beliau tidak pernah menyia-nyiakan waktu di bulan Ramadan yang penuh dengan keberkahan dengan cara memperbanyak tidur, baik di siang hari, maupun di malam hari.

Beliau sangat memahami bahwasanya waktu di bulan Ramadan dipenuhi dengan keberkahan yang melimpah. Oleh karenanya beliau selalu memanfaatkan waktu di bulan Ramadan baik siang maupun malam untuk meningkatkan kapasitas amal kebaikan sebagai hamba Allah SWT.

Bahkan, jika pada bulan-bulan selain Ramadan beliau dikenal dengan pribadi yang sangat antusias untuk melakukan kebaikan.

Tak ayal, di bulan Ramadan aktivitas kebaikan beliau meningkat hingga berlipat-lipat, dan beliau tidak bermalas-malasan meskipun sedang berpuasa.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua