JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Suka Tidur Setelah Makan Sahur? Hati-hati, Ada Ancaman Penyakit Obesitas Hingga Stroke

Ilustrasi/Foto: Ist
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Tidur, bisa jadi adalah aktivitas paling enak dilalui setelah makan sahur. Apalagi jika malam sebelumnya dilalui dengan begadang.

Tapi ternyata, tidur setelah sahur tidak baik untuk kesehatan. Bahkan bisa memicu sejumlah penyakit yang notabene membahayakan.

Berikut aneka penyakit yang mengintai tubuh jika aktivitas tidur setelah sahur sering dilakukan:

1. Gastroesofhageal Refluks Disesase (GERD)

Tidur setelah sahur meningkatkan risiko terjadinya GERD, yaitu naiknya asam lambung ke area kerongkongan. Hal ini terjadi terutama pada Anda yang memiliki riwayat sakit maag.

Saat tidur sistem pencernaan akan sulit mengolah makanan yang dikonsumsi saat sahur. Akibatnya, lambung memberikan respons pada tubuh untuk meningkatkan produksi asam lambung agar proses pencernaan berjalan dengan cepat.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Selain itu, pada waktu tidur, klep yang menghubungkan lambung dengan kerongkongan akan menjadi longgar, sehingga asam lambung mudah kembali naik ke area kerongkongan.

2. Luka di kerongkongan

Jika GERD terus terjadi, kemungkinan besar area kerongkongan Anda menjadi luka dan muncul rasa panas serta perih seperti terbakar.

3. Penimbunan lemak 

Tidur setelah makan sahur bisa meningkatkan risiko terjadinya obesitas dan peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Karena saat tidur tubuh tidak memiliki kemampuan membakar kalori.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

4. Diare

Timbunan makanan yang tidak dapat dicerna di dalam perut akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan pencernaan seperti diare. Terutama jika makanan yang Anda konsumsi adalah makanan pedas, asam, atau bersantan.

5. Stroke

Saat tubuh terbiasa tidur setelah sahur terjadi perubahan kadar gula darah dan kolesterol di dalam tubuh. Kadar gula darah dan kolesterol yang melonjak dapat meningkatkan risiko penyakit stroke.

Bila Anda ingin tidur setelah sahur, setidaknya tunggu sekitar 2-3 tiga jam setelah makan. Hal ini memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk mencerna makanan dengan baik. []

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com