JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Airlangga Hartarto Ternyata Cucu Pejuang Kemerdekaan Asal Sukabumi, RH Didi Sukardi

Airlangga Hartarto / Dok Pribadi
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto kini menjadi salah satu menteri yang sangat sibuk di tengah pandemi Covid-19.

Oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum Partai Golkar itu dipercaya juga memikul jabatan sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Dalam rilisnya ke Joglosemarnews disebutkan, sebelum mengemban amanah sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Menko Perekonomian, dan Ketua KPC-PEN, Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dua periode.

Pada periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi, Airlangga dipercaya sebagai Menteri Perindustrian.

Uniknya, jabatan yang sama pernah diemban oleh ayah Airlangga, yakni Ir Hartarto Sastrosoenarto di era pemerintahan Presiden Soeharto.

Jika dirunut secara kronologis, Ir Hartarto Sastrosunarto pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV (1983-1988) dan berlanjut pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993).

Lantas pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998), Ir Hartarto diserahi amanah sebagai Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi.

Kelahiran Surabaya Besar di Jakarta

Airlangga Hartarto sendiri lahir di Surabaya, 1 Oktober 1962 dari pasangan Ir Hartarto Sastrosoenarto dan R Hartini Soekardi.

Meski lahir di Surabaya, Airlangga meneruskan sekolah menengahnya di SMA Kolese Kanisius Jakarta. Dia dikenal sebagai pribadi yang aktif. Saat di SMA, dia menjadi ketua OSIS.

Airlangga adalah sosok yang sukses pada bidang pendidikan, dunia usaha dan politik. Usut punya usut, ternyata Airlangga juga merupakan keturunan pejuang kemerdekaan RI.

Dikutip dari laman partaigolkar.com, Airlangga merupakan salah satu cucu dari seorang tokoh pejuang kemerdekaan asal Sukabumi Jawa Barat, RH Didi Sukardi. Kini, nama Didi Sukardi diabadikan sebagai nama sebuah jalan di Sukabumi.

Baca Juga :  Muncul Rumor Perpecahan di Internal PDIP, Ini Bantahan Hasto

Airlangga merupakan putera dari R Hartiniย  Sukardi (putri RH Didi Sukardi) dengan Ir ย Hartarto Sastrosunarto.

Masyarakat setempat menganggap Didi Sukardi adalah salah satu tokoh yang patut dihargai dengan melihat jasa-jasanya memperjuangkan peningkatan taraf hidup rakyat Sukabumi.

Dia terus berusaha memajukan daerah Sukabumi dan terus memberikan kontribusi yang terbaik. Ia dikenal memiliki keyakinan bahwa berjuang dan berkarya untuk mencapai hasil besar justru harus dimulai dari hal yang kecil.

Dr Yuda Benharry Tangkilisan, melalui artikelnya ย berjudul RH Didi Sukardi and The Negara Pasundan: A Nationalist In The Federal State During The Indonesia Revolution 1945-1949 menyebut, kakek Airlangga itu merupakan salah satu tokoh yang berpengaruh terutama bagi tanah Sukabumi.

Didi Sukardi merupakan tokoh masyarakat Sukabumi, terutama saat masa revolusi fisik dalam mempertahankan kemerdekaan.

Dia merupakan tokoh nasionalis di kancah negara federal. Ini dapat dilihat dari pemikiran nasionalistik yang terdapat dalam pidato-pidatonya.

Awal mulanya, Didi Sukardi merupakan seorang pengusaha perkebunan. Akhir tahun 1920, dia juga menjadi Dewan Kabupaten Sukabumi. Kemudian dia juga menjadi ketua cabang dari Paguyuban Pasundan.

Sebelum kedatangan Jepang, Didi Sukardi sempat menjadi pemimpin dari Partai Indonesia Raya dan juga Gabungan Partai Politik Indonesia (GAPI).

Ketika zaman pendudukan Jepang, dia menjadi petugas penghubung dari Pembela Tanah Air (PETA).

Baca Juga :  Hasto Sebut, untuk Bertemu Megawati, Presiden Jokowi Harus Lewat Anak Ranting

Ketika proklamasi kemerdekaan, dia berada di Sukabumi. Dia kemudian menjadi anggota Komite Nasional Indonesia di Sukabumi. Komite itu memiliki kontribusi terhadap ide mengirim delegasi ke pemerintahan militer Jepang di Bogor.

Didi Sukardi bernegosiasi dengan penguasa Jepang dari syuchokan tentang permintaan untuk transfer kekuasaan kepada republik baru.

Jepang merespon permintaan dengan kebijakan mempertahankan status quo, yaitu hanya mengikuti perintah negara-negara sekutu. Akibatnya pecah pertempuran Bojongkokosan.

Setelah perang berakhir, Didi Sukardi diangkat menjadi Menteri di Negara Federal Pasundan. Setelah Indonesia kembali menjadi negara kesatuan, dia menjadi anggota Dewan Konstituante.

Ziarah ke Makam Kakek

Dari banyak pemberitaan, Airlangga Hartarto diketahui beberapa kali berziarah ke pemakaman kakeknya itu, di TPU Ciandam, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi.

Salah satu paman Airlangga dan juga anak Didi Sukardi adalah Letkol Edi Sukardi. Letkol Edi tercatat sebagai pemimpin dalam pertempuran Bojongkokosan yang terjadi di Sukabumi, 9 Desember 1945.

Pertempuran Bojongkokosan diperingati sebagai Hari Juang Siliwangi.

Dalam pertempuran Bojongkokosan, Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan berbagai spektrum laskar rakyat, baik kiri maupun kanan, mencegat tentara Inggris. Sebanyak 73 anggota TKR gugur, begitu juga lebih dari 80 orang tentara Inggris tewas.

Letkol Edi pensiun dini dari dinas ketentaraan pada tahun 1957. Dia meninggal dunia di Bandung, 5 September 2014 dalam usia 98 tahun. Letkol Edi tidak kenal lelah membantu kehidupan para veteran pertempuran Bojongkokosan. suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com