JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Targetkan, Juli 70 Juta Warga Sudah Harus Divaksin Covid-19

Presiden Jokowi. Foto/Istimewa

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk menurunkan dan menekan jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menargetkan pada Juli 2021 mendatang vaksinasi sudah harus menyasar dan terealisasikan pada 70 juta warga.

Karena itu, presiden meminta setiap kepala daerah mendukung program vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat tersebut.

“Nanti kurvanya akan keliatan turunya di bulan Juli kalau vaksinasinya bisa mencapai 70 juta orang,” kata Presiden dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah 2021 yang digelar secara virtual pada Rabu (14/4/2021).

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 Dunia Sudah Tembus 157 Juta, Menlu Retno Ingatkan Mayarakat Terus Taat Protokol Kesehatan

Pasalnya, ujar Jokowi, vaksinasi  adalah bagian integral dari upaya penanggulangan pandemi, selain Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro dan penerapan protokol kesehatan ketat.

Sebagaimana diketahui, saat ini, program vaksinasi Covid-19 telah memasuki periode kedua. Setelah periode pertama yang menyasar tenaga kesehatan telah selesai, petugas pelayanan publik, lansia, hingga pedagang pasar menjadi target utama pemerintah selanjutnya dalam vaksinasi ini.

Baca Juga :  Airlangga Hartarto: Pembangunan Berkelanjutan Tingkatkan Kualitas Hidup

 “Sasarannya (vaksinasi) adalah yang pertama saya kira sudah berulang-ulang, tenaga kesehatan, pelayan publik, para lansia, kemudian lokasi-lokasi interaksi antar masyarakatnya tinggi dan mobilitasnya tinggi,” kata Presiden .

Dengan cara itu, Jokowi berharap pemulihan kesehatan bisa segera Indonesia capai. Kekebalan kelompok atau herd immunity memang menjadi target yang ingin dicapai oleh program vaksinasi ini.

www.tempo.co