JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Punya Obyek Wisata Taman Doa Maria dan Gunung Gandu Nan Eksotis, Desa Pilangsari Gesi Dapat Berkah Ditunjuk Jadi Binaan Disporapar Jateng. Bakal Didorong Jadi Desa Wisata untuk Entaskan Kemiskinan

Prospektif Desa Wisata

Kepala Disparpora Sragen, Yuseph Wahyudi mendukung penuh program Disporapar Provinsi tersebut. Pihaknya juga melihat perspektif yang sama bahwa Desa Pilangsari memiliki banyak potensi yang bisa digali dan dioptimalkan utamanya menjadi Desa Wisata.

Menurutnya, di Pilangsari sudah ada Taman Doa Maria yang selama ini banyak dikenal di luar kota dan menjadi salah satu destinasi wisata.

Kemudian ada sumber mata air embung, dan Gunung Gandu yang juga potensial diangkat sebagai lokasi wisata alam.

“Selain Taman Doa, yang luar biasa Gunung Gandu. Potensinya besar sekali. Tidak hanya satu tempat spot selfi saja, di situ banyak tempat yang bisa dijadikan rangkaian. Kami sejak awal sudah memberi pendampingan terus terutama SDM karena potensi wisata di sini banyak,” tandasnya.

Baca Juga :  Angka Kemiskinan Sragen 13,83 % Masih Lampaui Provinsi Jateng. Bupati Genjot Program Desa Tumis, Tahun Ini 3 Desa

Sementara, Kades Pilangsari Ahmat Munadi menyambut baik program pendampingan dari Disporapar Jateng itu. Pihaknya tak menampik desanya memang masih berpredikat desa zona merah karena jumlah KK miskinnya cukup signifikan.

Meski demikian, ada beberapa potensi alam dan SDM yang memang diharapkan bisa tergali maksimal dari pendampingan ini.

Taman Doa dan Gunung Gandu

Kades menyebut selain Taman Doa, Gunung Gandu dan embung, potensi produk khas olahan seperti Tempe Benguk, Tape dan Jamu, adalah produk UMKM khas Pilangsari yang diharapkan juga bisa terangkat.

“Taman Doa Maria itu pengunjungnya sudah ratusan dan paling ramai bulan Oktober. Lalu Gunung Gandu itu juga bagus untuk camping dan nanti dikembangkan menjadi taman bunga dan buah yang bagus untuk rekreasi serta selfie. Tapi sementara memang kendala kami keterbatasan anggaran karena adanya Covid,” terangnya.

Baca Juga :  Dukung Karawitan Sragenan Masuk Kurikulum Sekolah, Sriyanto Saputro Berharap Bisa Go Internasional
Kades Pilangsari, Ahmat Munadi. Foto/Wardoyo

Pihaknya sangat berharap pendampingan dari Disporapar Jateng bisa membawa semangat positif bagi desa dan semua elemen masyarakat. Sehingga potensi wisata dan UMKM yang ada bisa semakin dikenal dan mendatangkan pengunjung guna mewujudkan Desa Pilangsari sebagai Desa Wisata.

“Harapan akhirnya tentu pendapatan desa dan masyarakat semakin meningkat. Sehingga desa menjadi makin maju, wisata makin dikenal dan imbasnya kesejahteraan masyarakat juga ikut terangkat,” pungkasnya. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua