JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek Minta Ada Ketegasan Semua Daerah Soal Obyek Wisata dan Hajatan

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Bupati Wonogiri, Joko Sutopo alias Jekek meminta ada ketegasan daerah lainnya terkait acara hajatan maupun obyek wisata. Ketegasan bersama itu bisa diinisasi oleh Pemprov Jateng.

Bupati menandaskan, hajatan maupun obyek wisata yang dibuka sangat berpotensi memicu terjadinya klaster. Lantaran itu jauh hari Pemkab Wonogiri sudah melarang hajatan dan menutup semua obyek wisata. Pernikahan hanya digelar acara inti berupa ijab terbatas tanpa resepsi.

“Harus ada ketegasan dari provinsi apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak diperbolehkan. Ketegasan bahwa hajatan itu menimbulkan potensi penularan,” kata Jekek, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga :  Bakso dan Mie Ayam Wonogiri Tetap Jadi Primadona Lebaran 2024

Faktanya masih ada daerah lain yang membolehkan acara hajatan.

Sama halnya dengan obyek wisata. Saat libur Lebaran 2021, Pemkab Wonogiri tegas menutup semua obyek wisata. Hanya saja ada sejumlah daerah yang masih membuka obyek wisata.

Kondisi itu, lanjut Jekek, bisa saja menjadikan warga Wonogiri datang ke obyek wisata di kabupaten lain.
Setelah pulang dari tempat wisata, warganya dapat berpotensi menjadi orang tanpa gejala di Kabupaten Wonogiri. Ibarat kata kulakan virus.

Baca Juga :  Menjaga Kebiasaan Pola Makan Teratur Setelah Ramadhan, Tetap Sehat dan Bugar

Lantaran itu dia beranggapan, untuk menekan penularan virus Corona semestinya harus ada kebijakan bersama yang diinisiasi pemerintah provinsi. Penerapan kebijakan penutupan tempat wisata dan larangan hajatan tidak akan efektif bila tidak dilakukan serentak.

“Penanganannya harus terintegrasi. Maka harapan saya ada evaluasi besar dalam bentuk satu ketegasan, meliputi apa yang boleh, apa yang tidak boleh,” tandas dia. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com