JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dengan Prokes Ketat, Pengurus Pemuda Pancasila Trobayan Kalijambe Resmi Dilantik. Dipesan Berperan Aktif Jaga Keamanan dan Deteksi Paham Radikalisme

Pelantikan pengurus PP Trobayan Kalijambe. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para anggota dan pengurus Pemuda Pancasila (PP) diminta untuk terus berperan aktif dalam menjaga keamanan ketertiban dan mendeteksi dini paham radikalisme.

Penegasan itu disampaikan saat dilakukan pelantikan pengurus PP Ranting Desa Trobayan, Kecamatan Kalijambe di gedung serba guna desa setempat, kemarin.

Pelantikan tersebut dihadiri Ketua MPC PP Sragen, Hani Junaidi, Wakil Ketua MPC, Muhammad Muslim dan Ketua PAC PP Kalijambe, Sigit Waskito Mungkasi.

Kemudian Ketua penasehat PAC Kalijambe Subandono, Penasehat Hukum PAC Kalijambe Samuji, Ketua PAC Pemuda Pancasila Sukodono, Heri dan Kades Trobayan Sadianto.

Dalam sambutannya, Sigit mengatakan
acara pelantikan digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Yakni hanya mengisi 75 undangan dari 220an kapasitas di gedung itu.

Baca Juga :  ASN Sragen Mendapatkan Layanan Penukaran Uang Baru dari Bank Indonesia Solo

Kades Sadianto menyampaikan pihaknya memang sudah memberikan warning kepada Ketua Ranting Desa Trobayan, Bibit Ribowo untuk melaksanakan acara pelantikan dengan undangan maksimal sepertiga dari kapasitas gedung.

Hal itu semata-mata demi menjaga jarak dan memutus potensi penularan covid-19 di masa pandemi saat ini.

Ketua PAC PP Kalijambe, Sigit Waskito Mungkasi menyampaikan pelantikan merupakan program pembangunan akar atau basis organisasi masyarakat Pemuda Pancasila.

Diharapkan ke depan PP bisa terus berperan aktif dalam menjaga keamanan ketertiban dilingkungan masyarakat Kecamatan Kalijambe.

“Bisa mendeteksi dini paham radikalisme yang dalam sejarah awal mulanya Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia yang merupakan sayap dari para petinggi TNI Ahmad Yani, Gatot Subroto, hingga Jendral besar AH Nasution. IPKI ini mengawal NKRI dan terus membayangi pergerakan komunis yang dimotori oleh PKI. Maka ketika PKI melakukan manuver dengan membentuk Organisasi masyarakat Pemuda Rakyat, maka dengan Sigap IPKI Membentuk Organisasi masyarakat Pemuda Pancasila yg yang resmi berdiri pada tanggal 28 Oktober 1959 di Jakarta,” terangnya.

Baca Juga :  Geger Mobil Baru Langsung Rusak, Anggota DPRD Tulungagung Juga Mengalami Kerusakan Mobil Usai Mengisi Dexlite di SPBU Sragen
Pose bersama. Foto/Wardoyo

Sementara, Ketua MPC PP Sragen, Hani Junaidi mengapresiasi perkembangan yang luar biasa yang dicapai oleh PAC Pemuda Pancasila Kalijambe. Ia berharap itu sebagai barometer PAC-PAC lain di Kabupaten Sragen.

Senior Ketua PP Kalijambe era 90an, Budi menambahkan Pemuda Pancasila memiliki ciri pergerakan kalau sudah menyatakan maju maka anggota Pemuda Pancasila tidak akan mundur.

Usai pelantikan, kemudian dilanjutkan rapat koordinasi di internal anggota Pemuda Pancasila Kalijambe guna membahas dan menyepakati program kerja PAC Pemuda Pancasila tiga tahun ke depan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com