JOGLOSEMARNEWS.COM Sosok

Fakta Menarik Hendi Prio Santoso, Pimpinan SIG yang Berprestasi

Hendi Prio Santoso. Foto: Republika.co.id
   

PT Semen Indonesia, Tbk (SIG) tidak diragukan lagi kiprahnya dalam mensukseskan program pembangunan di Indonesia. Semua itu tidak lepas dari peran dari Hendi Prio Santoso, Direktur Utama SIG. Lantaran pria bertangan dingin dengan banyak karya luar biasa ini, memang memiliki track record bagus di perjalanan bisnisnya.

Public figure yang lahir di Jakarta ini, memang mengundang banyak tanya, terkait profil dan prestasinya selama ini. Tidak heran jika pria yang pernah menjabat di PGAS atau PT Perusahaan Gas Negara Persero, Tbk tahun 2008-2017 lalu ini diburu media terkait sosok kreatifnya tersebut.

Seperti apa fakta-fakta menarik dari seorang Hendi Prio Santoso ini? Mari simak dalam ulasan ini agar mengenal lebih dalam pimpinan utama SIG tersebut. Berikut penjelasannya.

5 Fakta Menarik Hendi Prio Santoso

Adapun fakta Hendi Prio Santoso yang menarik disimak adalah:

  1. Anak Jakarta Asli

Direktur Utama SIG ini lahir di Jakarta, tepatnya pada 05 Februari 1967. Jika dihitung, pria yang memimpin proyek tol pipa Jawa – Bali ini, kini berusia 54 tahun. Cukup muda untuk semua prestasi mengagumkan yang pernah dicapainya.

  1. The Best CEO

Fakta Hendi Prio Santoso yang kedua adalah sebagai The Best CEO. Pada 30 November 2020 lalu, Hendi Prio Santoso berhasil memenangkan kategori The Best CEO untuk kategori CEO BUMN Public Company Non Financial Sector dengan asset di bawah 15 T ketika menjabat sebagai pimpinan PT Semen Indonesia, Tbk (SIG).

  1. Pendidikan Bagus

Pria yang menjabat sebagai pimpinan SIG sejak 2017 lalu ini, memang bukanlah orang biasa. Terbukti dari riwayat pendidikannya yang berhasil menyelesaikan bachelor di University of Houston untuk bidang Business Administration.

Tidak cukup di situ saja, pria yang disebut-sebut the next menteri ini ternyata melanjutkan pendidikan masternya di University of Texas. Tidak heran jika kiprahnya di dunia bisnis tidak diragukan lagi.

  1. Peduli Lingkungan

Pria yang pada tahun 2020 lalu, mengawal SIG untuk mendukung penggunaan biomassa sebagai bahan bakar pabrik.

“Pabrik di Tuban telah menerima kiriman sekam padi hingga 2.553 ton dan kertas reject mencapai 90 ton. Sedangkan cocopeat dan limbah tembakau masing-masing sebanyak 244 ton sepanjang tahun 2020”, ucapnya saat diwawancarai proyeksi sampah atau limbah yang dari petani langsung.

Tidak tanggung-tanggung, agar pengganti bahan bakar batu bara ini optimal untuk pengolahan bahan bakar alternatif semen, lewat PT Solusi Bangun Indonesia, Tbk di Cilacap memfasilitasi pengolahan limbah tersebut dengan optimal.

Peran aktifnya dalam mensukseskan program ini berjalan seiring program dari PT Semen Indonesia, Tbk (SIG) yang ingin mengurangi sampah lewat industri aktif. Harapannya, sampah-sampah yang bisa diolah sebagai biomassa seperti bonggol jagung, sekam padi, sabut kelapa, kulit kacang dan banyak lagi lainnya bisa terserap dengan baik.

  1. Sejarah Bisnis Luar Biasa

Pada tahun 2011 lalu, Hendi Prio Santoso berhasil mencatat laba bersih sebesar 5,93 triliun saat menjabat sebagai Direktur Utama di PT Perusahaan Gas Negara Persero, Tbk (PGAS). Sehingga ketika pindah di SIG, dirinya didapuk dua kali kepemimpinan sejak tahun 2017 lalu hingga nanti 2022.

Menarik sekali bukan, fakta Hendi Prio Santoso pria berprestasi yang menjabat sebagai pimpinan SIG ini. Terlepas dari semua kontroversi dan kabar di luar sana, sosoknya adalah pimpinan yang cakap dan luar biasa. Lantaran terbukti dari hasil kinerjanya selama ini baik di SIG atau di perusahaan lainnya. *

Sumber referensi:

https://market.bisnis.com/read/20201201/192/1324627/profil-hendi-prio-santoso-bos-semen-indonesia-yang-sabet-the-best-ceo

http://p2k.unugha.ac.id/en3/3050-2947/Hendi-Prio-Santoso_205457_p2k-unugha.html

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/15/181215426/menteri-rini-tunjuk-hendi-prio-santoso-jadi-dirut-semen-indonesia

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com