JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Lebaran, Harga Bunga Tabur di Sragen Naik Gila-gilaan Hampir 400 %. Sekilo Bunga Sampai Rp 200.000, Pembeli Kaget Tapi Memaklumi

Para konsumen dan warga memadati lapak penjual bunga tabur di Pasar Kota saat malam takbiran, Rabu (13/5/2021) malam. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Memasuki Lebaran, harga bunga tabur di pasar Sragen meroket gila-gilaan. Harga bunga jenis mawar yang biasa untuk ziarah itu naik hingga 400 persen atau 4 kali lipat dari biasanya.

Kenaikan itu terjadi utamanya pada malam takbiran atau Rabu (12/5/2021) malam hingga Kamis (13/5/2021) pagi.

Tingginya permintaan untuk ziarah ke makam pada hari Lebaran, diduga menjadi faktor pemicu kenaikan harga tak wajar tersebut.

“Ini tadi habis beli, harga bunga satu ons Rp 40.000. Sekilo Rp 200.000. Mahal banget, tapi ya tetap beli karena memang perlu untuk ziarah besok,” ujar Warsini, salah satu konsumen warga Tanon, Sragen.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Harga bunga yang lebih tinggi dari harga daging itu memang terbilang sangat mahal. Meski demikian, warga tetap membeli lantaran sangat dibutuhkan untuk persiapan ziarah.

Mereka pun memaklumi kenaikan harga tak wajar itu mengingat momentumnya Lebaran dan banyak yang memburu.

“Mau gimana lagi, wong butuh. Ya belinya semampunya. Tadi beli dua bungkus Rp 80.000. Rencana untuk ziarah di dua tempat,” ujar Yanti, warga lain yang membeli bunga tabur di pedagang Pasar Kota, tadi malam.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu

Menurut sejumlah pedagang, harga bunga tabur pada hari lebaran memang melonjak. Biasanya harga berkisar hanya Rp 40.000 sampai Rp 60.000 perkilo. Saat ini meningkat nadi Rp 200.000 jenis mawar merah, putih dan pink.

Mayoritas konsumen atau warga membeli campur dengan dominasi mawar merah dan putih. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com