JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dua Pasien Covid-19 Asal Kudus Meninggal Dunia di Rumah Sakit Solo‌, Keduanya Punya Komorbit

Ilustrasi pasien Covid-19. Foto: pixabay.com
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sebanyak dua pasien Covid–19 asal Kudus yang melakukan isolasi terpusat di Asrama Haji Donohudan, Boyolali meninggal dunia. Keduanya menghembuskan napas terakhir setelah mendapat perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Solo.

Menurut Komandan Satgas Asrama Haji Donohudan Kolonenl Inf Deddy Suryadi, total ada 40 OTG yang dirujuk ke beberapa rumah sakit di Kota Surakarta seperti RSJD, Moewardi dan Rumah Sakit Bung Karno.

“Dua orang meninggal, satu meninggal pada hari Minggu, (6/6/2021) dan satu lagi hari Senin (7/6/2021). Keduanya punya komorbit, satu pasien komorbit jantung dan satu lagi gagal ginjal,” kata Deddy, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga :  Saling Sindir, Disebut Hasto Selalu Berbohong, Gibran: Pak Hasto Bahasanya Selalu Meresahkan

Sementara itu jumlah pasien tanpa gejala (OTG) yang melakukan isolasi terpusat di Asrama Haji terus bertambah. Kolonel Inf. Deddy mengatakan, hingga, Jumat (11/6/2021) sekitar pukul 11.00 WIB, Asrama Haji sudah menampung 658 OTG.

Rinciannya 468 OTG berasal dari Kudus dan 190 OTG dari Soloraya. Deddy menyebut sisa tempat tidur tinggal 162 dikurangi 52 untuk tempat tidur Nakes. Pihak saat ini juga sedang menunggu hasil tes PCR yang dilakukan, Kamis (11/6) kemarin.

Guna menekan jumlah pasien Covid-19 yang menggunakan Asrama Haji untuk isolasi, Dan Satgas akan melakukan koordinasi dengan daerah di wilayah Soloraya. Dirinya ingin agar setiap wilayah memiliki tempat isolasi terpusat.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

“Dihadapkan dengan kondisi yang ada di Jawa Tengah kita juga sudah siapkan Rumkitlap untuk antisipasi. Menyiapkan tempat tidur, ruang ICU dan tenaga kesehatan. Kita harapkan jumlah pasien yang ada di Asrama Haji tidak bertambah lagi dan rumkitlap juga tidak perlu digunakan,” paparnya.

Sementara itu Kepala Unit Asrama Haji Donohudan Bambang Sumanto mengatakan, ada tambahan 11 tenaga kesehatan (Nakes). Jadi total ada 29 Nakes yang bertugas di Asrama Haji Donohudan.

“Kalau dimaksimalkan, apa tidak akan terlalu berat”, pungkasnya. Prabowo 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com