JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

KEK Batam Kerek Investasi untuk Dorong Indonesia Setara Negara Maju

Airlangga Hartarto / Istimewa


SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Pulau Batam, Sabtu (12/6/2021).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Airlangga menyerahkan Peraturan Pemerintah Kawasan Ekonomi Khusus (PP KEK) untuk Batam Aero Technic dan KEK Nongsa Digital Park, Sabtu (12/6/2021).

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani PP No. 67/2021 tentang KEK Batam Aero Technic dan PP No. 68/2021 tentang KEK Nongsa Digital Park yang berada di Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

“Penetapan kedua KEK ini sangat strategis dalam mendukung pengembangan Kawasan Batam, Bintan, dan Karimun yang saat ini telah dikembangkan menjadi Free Trade Zone dan telah menarik investor baik asing maupun dalam negeri,” ujar Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Advertisement

Airlangga menjelaskan, rencana aksi untuk kedua KEK itu telah disusun. Karenanya, dia meminta komitmen semua instansi terkait untuk melaksanakannya dengan baik.

Baca Juga :  Berkontribusi Besar Tangani Covid-19, Menko Airlangga Terima Priyadarshni Academy Global Award

Dalam konteks pandemi Covid-19 ini, menurut Airlangga, penetapan kedua PP KEK tersebut diiringi dengan vaksinasi serentak pada kawasan industri di Provinsi Kepulauan Riau.

Kebijakan yang bersifat kolaboratif dan saling menunjang tersebut, diharapkan dapat menjadi akselerator pemulihan ekonomi nasional di provinsi tersebut.

Dijelaskan Airlangga, KEK Batam Aero Technic (BAT) seluas 30 ha memiliki target investasi sebesar Rp 7,2 triliun dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 9.976 tenaga kerja.

Sesuai penetapannya, KEK itu akan dikembangkan untuk kegiatan industri berbasis MRO (Maintenance, Repair, Overhaul) pesawat penumpang.

Pengembangan KEK BAT bersifat Brown Field Project, karena sebelum ditetapkan menjadi KEK, kawasan tersebut telah dibangun berbagai fasilitas di antaranya untuk area hanggar maintenance, hanggar painting, hanggar cleaning, apron, taxiway dan sebagainya.

Baca Juga :  Pola Ganjil-Genap Efektif untuk Cegah Membeludaknya Wisatawan ke Kawasan Puncak

“Setelah menjadi KEK, selanjutnya akan dikembangkan beberapa hanggar maintenance baru, component shop, serta workshop untuk tools  dan equipment,” beber Airlangga.

Pengembangan KEK BAT diharapkan dapat menghemat devisa sebesar 65-70% dari kebutuhan MRO maskapai penerbangan nasional yang selama ini mengalir ke luar negeri dan menangkap peluang dari pasar Asia Pasifik yang memiliki sekitar 12.000 unit pesawat dengan nilai bisnis sebesar 100 Miliar USD di tahun 2025.

Sementara itu, KEK Nongsa Digital Park seluas 166.45 ha, menurut Airlangga, memiliki target investasi sebesar Rp 16 triliun dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 16.500 tenaga kerja.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua