JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Ledakan Angka Covid-19 Sragen Mencemaskan, Bupati Minta Kapasitas Technopark Digenjot Tambah 110 Tempat Tidur. Ruangan Rumah Sakit Tambah 6

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Sekda Tatag Prabawanto saat meninjau Technopark usai lonjakan 150 kasus dalam sehari, Sabtu (19/5/2021). Foto/Wardoyo


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkab Sragen terus memutar otak untuk menambah kapasitas ruangan isolasi terpusat bagi pasien positif covid-19.

Ledakan penambahan kasus positif beberapa hari terakhir membuat Pemkab mau tak mau harus mengupayakan peningkatan kapasitas ruangan isolasi bagi pasien OTG maupun dengan gejala klinis.

Salah satunya dengan memperluas kapasitas di Technopark Sragen. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan dari hasil pengecekan dan survei, ada beberapa alternatif untuk menambah kapasitas.

Yakni dengan memperluas kapasitas di lokasi isolasi terpusat di Technopark Sragen. Kapasitas saat ini sekitar 350, berencana akan ditambah 110 jadi sekitar 460 sampai 500 bed.

Advertisement

“Kita tadi mengecek kondisi di Technopark mengingat ini kasusnya tambah-tambah terus. Pasien kita yang OTG saja kemarin tambah 100 orang. Jadi kita harus mempersiapkan kemungkinan adanya lonjakan,” paparnya ditemui usai meninjau Technopark Sragen, Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga :  Breaking News: Kebakaran Oven Kayu dan Lahan Tebu Dekat Pabrik Jokowi Bikin Kalijambe dan Gemolong Membara Malam Ini!

Yuni mengatakan dari hasil survei bersama beberapa pejabat termasuk Sekda, kapasitas isolasi di Technopark masih bisa ditingkatkan.

Kondisi gedung-gedung di Technopark dipandang masih cukup layak untuk dipermak menjadi lokasi isolasi. Untuk itu, diperlukan sedikit perbaikan dan penambahan fasilitas untuk tempat isolasi.

“Daripada cari tempat lain di Utara Bengawan. Dari tinjauan tadi, di Technopark ini bisa ditambah lagi 110. Jadi minimal bisa tambah 460 sampai 500,” jelasnya.

Bupati menyampaikan ada beberapa hal yang harus diperbaiki di Technopark. Terutama penambahan kelengkapan tempat tidur.

Baca Juga :  635 Warga Sragen Divaksin Gratis di Ndayu Park, Mantan Bupati Untung Wiyono: Tetap Jaga Prokes, Jangan Sembrono!

Nantinya direncanakan tempat tidur akan dipindahkan milik SBI yang punya tempat tidur bertingkat.

“Alhamdulillah gotong-royong sambil nanti tetap menyiapkan yang di Utara Bengawan,” tuturnya.

Menurutnya, meski lonjakan terjadi tiap hari dalam jumlah banyak, namun mereka masih bisa tertampung. Sebab jumlah pasien sembuh harian juga cukup tinggu.

“Kapasitas hari ini di Technopark yang tinggal ada 131. Sebagian baru mulai masuk jadi belum dihitung,” imbuhnya.

Kepala DKK Sragen, Hargiyanto menambahkan untuk kapasitas ruangan isolasi di rumah sakit, masih 90 ditambah 6 kamar baru tambahan di RSUD Dr Soeratno Gemolong.

“BOR kita 80 persen. Kita pastikan masih aman,” imbuh Bupati. Wardoyo