JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menkes: Kasus di Kudus, DKI Jakarta dan Bangkalan Didominasi Varian Covid dari India

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden via Tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus Covid-19 melonjak di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya yang cukup fenomenal adalah kasus di Kudus, Jawa Tengah.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, virus yang berjangkit di kudus tak lepas dari varian virus Covid-19 B.1.617.2 atau disebut juga varian Delta dari India.

Menkes menyebutkan, selain di Kudus, varian baru asal India tersebut juga ditemukan di DKI Jakarta dan Bangkalan.

Baca Juga :  Disindir AHY, Politikus NasDem: Dia Lagi Gembira Dapat Sisa Masa Jabatan Menteri

“Kami tadi melaporkan kepada beliau (Presiden) di beberapa wilayah seperti di Kudus, DKI Jakarta, Bangkalan memang sudah terkonfirmasi Varian Delta B.1617.2 atau juga varian dari India mendominasi,” ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers daring seusai rapat terbatas dengan Presiden, Senin (14/6/2021).

Menanggapi situasi itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Budi, memberikan dua perintah. Pertama, agar implementasi di lapangan terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro atau PPKM mikro bisa diperketat.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

Kedua, melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19. “Beliau meminta vaksinasi 700 ribu per hari bulan ini bisa disentuh, kemudian 1 juta untuk bulan depan bisa tercapai,” ujar Budi.

“Karena varian baru ini penularannya lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan. Perlu dua hal itu dipercepat,” ujarnya.  

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com