JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Remaja Diajak Kenali Proses dan Tahap Perubahan Kehidupan Dirinya

Foto: Waskita
   
Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM   Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Boyolali menggelar ‘Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga dalam Rangka Penguatan Peran Serta Mitra Kerja dan Stakeholder’.

Kegiatan digelar bersama BKKBN Jateng dan Pusat di Aula Wijaya Kusuma SMA Negeri 1 Boyolali, pada Sabtu, (12/6) dan diikuti 60 orang. Mereka terdiri dari unsur Forum GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Boyolali, PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja), dan Forum Anak Boyolali.

Tujuannya, agar remaja bisa mengenal proses dan tahap perubahan dalam kehidupan psikis, mental, fisik serta sosial mereka.
Sekaligus mempromosikan program pembangunan keluarga terkait pendewasaan usia perkawinan, pencegahan stunting, hingga reproduksi sehat.

Baca Juga :  Menara Komunikasi di Puncak Gunung Merbabu Roboh Diterjang Badai Besar

“Sehingga remaja menjadi agen perubahan yang berarti bagi masyarakat dan konselor/pendidik sebaya sesama remaja,” kata Koordinator Pelembagaan Program Bina Ketahanan Remaja BKKBN Pusat, Priyanti.

Adapun materi yang disampaikan mengenai modul Tentang Kita, yang mengajarkan bagaimana remaja mengetahui bagaimana perkembangan kehidupannya dan prosesnya dalam kehidupan. Serta lebih jauh mengenal diri mereka.

Plt Kepala DP2KBP3A Kabupaten Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani mengharapkan, melalui acara tersebut, maka  bisa disiapkan bagaimana menjawab kekhawatiran orang tua terhadap anak-anak yang beranjak remaja. Mengingat tantangan era kritis.

Baca Juga :  Polres Boyolali Gelar Sidang Tipiring di Luar Kantor Pengadilan, Semua Terkait Kepemilikan Ciu

“Apalagi adanya perkembangan teknologi saat ini,” ujarnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, drg Widwiono yang hadir juga mengapresiasi Langkah dan program dalam memaksimalkan peran Insan GenRe sebagai Pendidik Sebaya kepada para remaja di Jawa Tengah.

Menurutnya faktor lingkungan, faktor komunikasi, dan pergaulan pada remaja sangat mempengaruhi perkembangan tumbuh kembang seorang remaja.

Harapannya melalui GenRe ini, nantinya membantu para remaja untuk mencari jati dirinya.

“Dimana saat pencarian jati diri anak remaja itu sangat rentan. Lingkungan keluarga mengambil peran penting dalam pembangunan karakter remaja saat ini,” pungkas dia.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com