JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sehatkah Minum Kopi Dicampur Krimer? Ini Penjelasannya

Ilustrasi secangkir kopi. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kopi menjadi salah satu minuman favorit di dunia termasuk di Indonesia. Bahkan minum kopi menjadi rutinitas yang dilakukan seseorang di pagi, siang atau malam hari.

Selain kopi hitam atau murni, ada sebagian orang yang menambahkan krimer atau gula ke dalam kopinya.

Tetapi bagaimanakah jika dilihat dari sisi kesehatan?

Dilansir dari mashed.com pada Rabu (16/62021), kopi hitam yang tidak ditambahkan krimer atau gula rendah kalori akan memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Tapi, lain halnya jika menambahkan banyak gula atau krim berkalori tinggi ke dalam cangkir kopi Anda. Ini tidak baik untuk lingkar pinggang tubuh dan banyak orang sering mengabaikan krimer kopi ini.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

“Mereka (krimer kopi) mungkin mengandung lemak trans atau minyak terhidrogenasi yang meningkatkan risiko berkembangnya plak di arteri jantung,” kata Ahli Jantung Juan Rivera.

Ia menjelaskan krimer kopi dapat mengandung kalori dan lemak trans dalam jumlah tinggi. Krimer bebas susu adalah aditif kopi umum yang tidak disadari banyak orang memiliki efek kesehatan yang kurang baik.

Sebagian besar krimer kopi non-susu mengandung minyak terhidrogenasi dan lemak trans, yang telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol LDL jahat dalam tubuh, sekaligus menurunkan kadar kolesterol HDL baik. Hal ini dapat menyebabkan risiko lebih tinggi terkena diabetes, penyakit jantung dan struk.

“Dan tidak hanya tinggi lemak, banyak krim non-susu mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi. Faktanya, versi bebas lemak, alih-alih menjadi pilihan yang lebih sehat, seringkali merupakan pelanggar kalori terburuk dengan beberapa mengandung sebanyak 65 kalori hanya dalam dua sendok makan, yang dapat mengubah secangkir kopi Anda dari minuman yang ramah diet menjadi kalori yang jahat,” kata dia.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Disarankan Anda menyeduh sendiri secangkir kopi panas yang enak, yang terbaik adalah meninggalkan krimer ke dalam kopi Anda. Jika Anda tidak menikmati rasa kopi hitam sederhana, Anda mungkin ingin memilih susu biasa atau memilih alternatif non-susu lainnya, seperti susu almond untuk dicampur oleh kopi Anda.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com