JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Vaksinasi Covid-19 untuk Pelaku Wisata Hingga Lansia di Yogya Digeber

Vaksinasi Covid-19. Foto: YouTube/Sekretaris Presiden
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengebut vaksinasi bersamaan dengan mengganasnya Covid-19 lantaran tingginya kunjungan wisata.

Karena itu, Kamis (17/6/2021), vaksinasi kembali digencarkan bagi pekerja sektor pariwisata, ojek online, abdi dalem keraton hingga penyandang disabilitas serta lanjut usia (lansia).

“Vaksinasi massal sedang kami kebut terus saat ini khususnya pelaku wisata berbagai sektor dan lansia agar segera mencapai kekebalan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie saat memantau vaksinasi massal di GOR Universitas Negeri Yogyakarta.

Pembajun tak menampik di tengah derasnya kunjungan wisata saat ini, masyarakat terlena tak mematuhi protokol kesehatan sehingga muncul beragam klaster yang membuat kasus melesat. Mulai klaster hajatan, takziah, hingga reunian.

Kasus harian Covid-19 di DIY usai Lebaran ini sudah mencapai 500 kasus per hari atau meningkat lima kali lipat dari semula 100 kasus per hari sebelum Lebaran.

Dalam vaksinasi kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, Danone Indonesia dan Grab itu, Pembajun mengatakan pemerintah kabupaten/kota di DIY semakin gencar melakukan vaksinasi massal. Jatah 250 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang diberikan pusat kini tinggal tersisa 2.500 dosis.

Baca Juga :  Warga Gunungkidul Ini Tewas Terlentang dengan Daun Salam Terpegang di Tangan Kirinya

“Kami ingatkan lagi para pelaku wisata juga masyarakat yang sudah divaksin, vaksinasi bukan segalanya, itu hanya perisai dan masih memungkinkan terpapar virus jika tak taat protokol,” kata Pembajun.

Penghageng Tepas Tandha Yekti atau bagian teknologi informasi dan dokumentasi Keraton Yogya Gusti Kanjeng Ratu Hayu di sela mendampingi para abdi dalem yang divaksin mengatakan saat ini sudah 50 persen abdi dalem mendapat suntikan vaksinasi Covid-19. “Khususnya abdi dalem lansia dan yang masih aktif di bidang pelayanan seperti menyambut turis di keraton yang sudah divaksin,” kata GKR Hayu.

Jumlah abdi dalem Keraton Yogya berkisar 2.000-an orang.

“Layanan Keraton tetap beroperasi namun kuota kunjungan tetap tak ditambah karena masih pandemi Covid-19, jadi kelompok-kelompok kecil saja,” ujar Hayu.

Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo mengatakan selama pandemi ini, pihaknya juga tengah mengedukasi pelaku usaha sektor informal agar mereka siap mendapatkan vaksinasi. “Karena tak semua orang ternyata mudah diajak melakukan vaksinasi, sehingga butuh pendampingan dan sasaran kami sektor informal,” kata dia.

Baca Juga :  Gempa M 5.0 di Gunungkidul, Getarannya Sampai Wonogiri, Trenggalek dan Pacitan

Karyanto mengatakan saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan lintas instansi seperti pemerintah, rumah sakit maupun organisasi sosial untuk menggelar vaksinasi massal.

“Setidaknya 100 sentra vaksin telah berdiri di seluruh Indonesia, harapannya bantuan ini dapat mendukung upaya akselerasi vaksinasi,” ujarnya.

Sedangkan Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam vaksinasi itu mengatakan pandemi ini mendorong peran kolaboratif dari sektor swasta dalam membantu pendistribusian vaksin.

“Di Yogya ini kami menghadirkan pusat vaksin inklusif bernama Grab Vaccine Center DIY dan menargetkan vaksinasi kepada 10.000 penyandang disabilitas, lansia serta pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi,” kata dia.

Wakil Gubernur DI Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam X mengatakan yang menjadi kebutuhan utama pemerintah dalam percepatan vaksinasi ini terutama pemberian fasilitas dan akses bagi para kelompok rentan.

“Seperti penyandang disabilitas dan mitra pengemudi transportasi, kami perlu ada gerakan kolaboratif seperti ini dalam memutus dan menekan kasus yang melonjak,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com