JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

3 Cara Mudah Bedakan Oximeter Asli atau Palsu

Ilustrator oximeter. Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Oximeter adalah alat yang digunakan untuk mengetahui kadar oksigen dalam darah. Belakangan ini barang tersebut banyak diburu oleh masyarakat.

Oximeter menjadi salah satu kebutuhan untuk pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

Seiring meningkatnya permintaan oximeter, menyebabkan adanya oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi ini dengan menjual oximeter palsu.

Untuk menghindari penipuan terkait alat tersebut ada beberapa cara yang harus dilakukan. Dikutip dari laman Instagram @indonesiabaik.id yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, cara membedakannya yaitu:

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

1. Masukan jari dan nyalakan oximeter

Saat Oximeter dimasukan ke jari dan panel pembaca menunjukan angka atau grafik maka bisa dipastikan itu barang asli. Apabila oximeter pembacaan oksigen tanpa grafik maka kemungkinan barang tersebut palsu.

2. Ikat seutas benang pada jari

Ikat seutas benang di pangkal jari telunjuk sedikit erat, sehingga aliran darah ke jari melambat. Jika hasil yang ditunjukkan menjadi kurang, maka oximeter tersebut adalah barang asli.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

3. Cek sertifikasi yang tercantum

Untuk memastikan apakah Oximeter tersebut palsu atau asli, cek sertifikasi yang tercantum dalam alat tersebut. Sertifikasi yang dapat dipercaya yaitu seperti FDA,RoHS, dan CE.

Untuk memastikan hasilnya, sebaiknya lakukan tiga kali percobaan oximeter. Bisa jadi pada percobaan pertama, hanya mendapatkan pembacaan tanpa grafik palsu, tetapi pada percobaan ke-2 atau ke-3 mungkin akan mendapatkan grafik denyut nadi yang benar.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com