JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Asrama Haji Donohudan dan Balai Diklat Jateng Akan Dijadikan RS Darurat Covid-19

Pasien OTG berjemur di halaman belakang Asrama Haji Donohudan /Foto: Waskita
   

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akan menjadikan Kompleks Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) atau Diklat Jawa Tengah di Kota Semarang dan Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali sebagai rumah sakit darurat Covid-19.

Tak hanya itu Pemprov Jateng juga akan mengkonversi beberapa rumah sakit umum daerah (RSUD) menjadi rumah sakit khusus Cov-id-19.

Hal itu disampaikan gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai mengikuti rapat dengan Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan secara daring, dari rumah dinas Puri Gedeh, Rabu (14/7/2021).

“Ada dua cara menyiapkan rumah sakit Covid-19. Pertama mengonversi rumah sakit yang kita miliki untuk dijadikan rumah sakit khusus Covid-19. Kedua, kita siapkan dua tempat di Asrama Haji Donohudan dan Diklat Pemprov di Srondol untuk dikonversi menjadi rumah sakit darurat,” kata Ganjar Pranowo.

Ditambahkan, RSUD yang sudah pasti dikonversi menjadi rumah sakit khusus Covid-19 adalah RSUD Tugurejo di Semarang. Rumah sakit itu dikonversi 100 persen untuk penanganan Covid-19. Namun, masih ada dua layanan yang diterima di rumah sakit itu, yaitu hemodialisa dan kanker.

Baca Juga :  Lakukan Balapan Liar di Ungaran, Puluhan Pemuda Dihukum Menuntun Motor Mereka ke Polres Semarang

“Kota akan pakai Rumah Sakit Tugurejo Semarang, 100 persen. Terus RSUD Moewardi dan Rumah Sakit Jiwa di Solo juga akan dikonversi 75 persen untuk rumah sakit Covid-19, karena rujukan untuk penyakit lain masih banyak di rumah sakit itu. Kita optimalkan untuk tiga rumah sakit milik provinsi ini,” kata Ganjar.

Ganjar juga mendorong masing-masing kabupaten/ kota untuk menyiapkan satu rumah sakit khusus Covid-19. Terkait hal ini beberapa daerah sudah dalam proses mengonversi rumah sakit.

“Saya berharap ada juga rumah sakit milik kabupaten/ kota yang dikasihkan untuk rumah sakit khusus Covid-19,” katanya.

Sementara, untuk konversi Diklat Srondol dan Donohudan menjadi rumah sakit darurat Covid-19 sedang dalam proses. Ganjar mengatakan visitasi dari Kementerian Kesehatan untuk Diklat Srondol sudah dilakukan. Pada Kamis (15/7/2021) dijadwalkan akan ada visitasi lanjutan bersama Kementerian PUPR untuk Diklat Srondol dan Asrama Haji Donohudan.

Baca Juga :  Wihaji Layak Ramaikan Bursa Calon Gubernur atau Wakil Gubernur Jateng, Punya Pengalaman dan Jaringan Luas

“Menteri PUPR sudah komunikasi dengan saya, terus kemudian tadi rapat dengan Pak Luhut sudah oke. Secepatnya kita siapkan itu,” jelas Ganjar.

Adapun kapasitas tempat tidur untuk dua tempat itu masing-masing Diklat Srondol memiliki 554 tempat tidur, dan Asrama Haji Donohudan 872 tempat tidur. Saat ini dua tempat tersebut masih digunakan sebagai tempat isolasi terpusat.

“Kalau itu nanti sudah menjadi rumah sakit darurat dan ada pasien dengan klasifikasi berat harus dirawat, bisa dimasukkan di situ. Untuk tempat isolasi terpusat kita masih punya banyak kok, jadi isolasi mandirinya bisa kita digeser atau dipindahkan ke tempat lain. Kita carikan tempat,” kata gubernur.

Ganjar menambahkan, terkait kebutuhan sumberdaya manusia di rumah sakit darurat Covid-19, ia sudah berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan. Dia berharap ada dukungan dari kementerian untuk itu. Satria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com