JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Begini Cara Membuang dan Memusnahkan Masker Secara Benar

Ilustrasi masker medis. Foto: pexels.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Bukan hanya suplemen dan vitamin, tetapi masker juga menjadi salah satu kebutuhan utama saat ini.

Pemerintah selalu mengingatkan untuk selalu taat protokol kesehatan, yang salah satunya adalah selalu memakai masker.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona.

Hampir semua orang saat ini telah sadar pentingnya masker di masa pandemi Covid-19. Tetapi, terdapat satu permasalahan yang dihadapi saat ini terkait dengan penggunaan masker, yaitu sampah medis.

Baca Juga :  Sederet Makanan Lebaran ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat

Masker medis merupakan jenis masker yang hanya bisa dipakai satu kali dan tidak boleh untuk digunakan berkali-kali. Mengutip laman milik Kementerian Kesehatan, dengan menggunakan masker medis dapat memberikan perlindungan sekitar 30-95 persen dari virus Corona.

Selain itu, dalam membuang masker medis tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan suatu permasalahan baru, bahkan bisa menyebarkan virus.

Berikut ini cara membuang masker medis yang benar menurut Kementerian Kesehatan :

1. Robek masker medis dengan cara mengguntingnya pada bagian tali maupun merobek masker di bagian tengahnya. Hal ini diperlukan untuk mencegah masker digunakan kembali oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

2. Masukan masker yang akan dibuang ke kantong kresek transparan dan buang masker ke dalam tempat sampah. Hal ini berguna supaya lebih mudah bagi petugas dalam mengelola limbah medis.

3. Mengumpulkan masker yang sudah dipakai dan lakukan desinfeksi pada masker-masker tersebut. Desinfeksi bisa dilakukan dengan cara merendam masker yang sudah dipakai pada larutan klorin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com