JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Blusukan Jokowi untuk Bagikan Obat Justru Tuai Kritikan

Presiden Jokowi berbincang dengan warga saat meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di kawasan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta, 25 Juni 2021. Kehadiran Jokowi ini tidak dijadwalkan dalam agenda resmi presiden. BPMI Setpres via tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang  melakukan blusukan ke tengah warga dan membagikan paket obat dan sembako, justru menuai kritikan dari beberapa pihak.

Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono misalnya. Dia melihat langkah Presiden Jokowi untuk blusukan membagikan paket obat dan sembako ke warga sebenarnya tidak diperlukan.

Dengan melakukan blusukan seperti itu, menurut dia, Jokowi justru terkesan berusaha menutupi upaya penanganan pandemi Covid-19 yang tak berhasil.

“Ini kan karena kegagalan penanganan pandemi, jadi Presiden ingin menunjukkan pada rakyat bahwa dia itu peduli,” kata Pandu saat dihubungi, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga :  PPP dan TPN Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan PHPU di MK Hampir Bersamaan

Pandu mengatakan, bukan tugas seorang presiden untuk turun langsung mendistribusikan obat ataupun sembako pada warga.

Ia mengatakan Presiden punya kementerian dan lembaga di bawahnya yang bisa melaksanakan tugas tersebut.

Pandu Riono meminta Presiden agar lebih fokus pada membangun sistem yang lebih baik untuk menangani pandemi. Ia mencontohkan untuk urusan distribusi obat, seharusnya pemerintah membangun sistem pelayanan kesehatan yang mampu menjangkau masyarakat hingga di tingkat terbawah. “Itu bisa di Puskesmas atau klinik pratama. Itu yang disebut membangun sistem,” kata Pandu.

Baca Juga :  Kemnaker Imbau Gojek dan Grab Berikan THR, Asosiasi Driver Online Pesimis

Kritik yang sama datang dari Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati. Ia mengatakan blusukan tak signifikan membantu menanggulangi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Ini mengulang-ngulang saja (cara lama), padahal situasi masyarakat jauh lebih buruk. Mungkin buat yang didatangi berefek, tapi untuk masyarakat luas sama sekali tidak,” kata Asfin,

Semalam, Presiden Jokowi blusukan ke rumah warga di Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jokowi datang ke sejumlah rumah untuk membagikan sembako dan paket obat.  

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com