JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan Mengandung Zinc, Bantu Sistem Kekebalan Tubuh

Susu. pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Zinc berperan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Zinc merupakan zat mineral yang membantu proses pembelahan sel, pertumbuhan sel, pemecahan karbohidrat, dan proses penyembuhan luka.

Kekurangan zinc dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya infeksi hipogonadisme pada pria, rambut rontok, penurunan nafsu makan, masalah pada indera penciuman dan perasa, luka kulit, lamanya proses penyembuhan luka, dan lambatnya pertumbuhan.

Oleh karena itu kita perlu asupan zinc yang cukup, agar tubuh bis mempertahankan sistem kekebalan tubuhnya.

Lalu dari mana kita memperoleh zinc? Berikut ini sumber zinc dari makanan sehari-hari.

Daging

Melansir Medline Plus, daging merah seperti sapi, domba, lebih tinggi menawarkan kandungan zinc dibandingkan ikan. Dan, daging ayam berwarna gelap mengandung zinc lebih tinggi dibandingkan daging ayam berwarna terang.

Tiram

Enam tiram menyediakan 32 mg zinc untuk memenuhi kebutuhan zinc harian. Jenis kerang selain tiram mengandung zinc lebih sedikit dibandingkan tiram, namun masih menjadi sumber zinc yang baik.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Namun, saat sedang hamil, pastikan konsumsi kerang saat sudah benar-benar matang, guna meminimalisir terjadinya risiko keracunan makanan.

Biji-bijian

Mengutip artikel Healthline, biji-bijian mampu meningkatkan asupan zinc dalam tubuh. Misalnya tiga sendok makan biji rami yang mengandung 31 dan 43 persen asupan zinc harian untuk pria dan wanita.

Selain rami, biji-bijian pemasok zinc termasuk biji labu, dan wijen. Tak hanya menyediakan zinc, biji-bijian juga menawarkan kandungan serat, lemak sehat, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis, lentil, dan beberapa jenis lainnya mengandung zinc dalam jumlah cukup besar. Namun, kacang-kacangan juga mengandung fitat yang dapat menghambat penyerapan seng dan mineral lainnya, sehingga tubuh tidak bisa menyerap zinc kacang-kacangan sebaik menyerap zinc dari produk hewani.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Susu

Susu, dan makanan mengandung susu, seperti keju menyediakan sejumlah nutrisi, termasuk zinc. Susu dan keju mengandung zinc bioavailable dalam jumlah tinggi, yang berarti sebagain besar zinc dalam makanan ini dapat diserap tubuh dengan baik.

Susu dan keju juga dilengkapi dengan sejumlah nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk protein, kalsium, dan vitamin D.

Lebih lanjut, kondisi kekurangan zinc dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya infeksi hipogonadisme pada pria, rambut rontok, penurunan nafsu makan, masalah pada indera penciuman dan perasa, luka kulit, lamanya proses penyembuhan luka, dan lambatnya pertumbuhan.

Saat ini, apabila asupan zinc tidak terpenuhi dari sumber makanan alami, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumi suplemen mengandung zinc yang sudah banyak dijual di pasaran.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com