JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Eratkan Kerja Sama, Indonesia-Singapura Kembangkan Ekosistem Industri Digital

Airlangga Hartarto (kiri) / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memimpin Pertemuan Tingkat Menteri Enam Kelompok Kerja Bilateral Singapura–Indonesia  bersama Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong.

Dalam rilis ke Joglosemarnews dijelaskan, pertemuan tersebut terjadi dalam kunjungan kerja Menko Airlangga Hartarto selama dua hari ke Singapura, mulai 13 hingga 14 Juli 2021.

Pertemuan tersebut fokus membahas perkembangan kerja sama bilateral di bidang ekonomi antara kedua negara. Mulai dari investasi, transportasi, pariwisata, pembangunan Kawasan Batam-Bintan-Karimun dan Kawasan Ekonomi Khusus lainnya, tenaga kerja maupun agribisnis.

Sejumlah isu bilateral penting pun ikut dibahas dalam rangkaian pertemuan tersebut. Antara lain perkembangan hubungan bilateral khususnya di bidang investasi dan perdagangan, persiapan Leaders’ Retreat kedua negara.

Dibahas pula tentang persiapan Presidensi G20 tahun 2022, keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 dan perkembangan penanganan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Menko Airlangga juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dan bantuan medis dari Singapura untuk penanganan kasus Covid-19 yang meningkat beberapa minggu terakhir.

Sebagaimana diketahui, Singapura telah mengirimkan bantuan ventilator dan oksigen ke Indonesia. Selama ini, Singapura memang merupakan salah satu partner ekonomi utama bagi Indonesia di bidang investasi dan perdagangan.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Airlangga menggambarkan, pada kuartal pertama tahun ini, penanaman modal asing (Foreign Direct Investment) dari Singapura mencapai USD 2,6 miliar, yang tersebar pada lebih dari 3.634 proyek.

Nilai perdagangan antar kedua negara tercatat sebesar USD 20,47 miliar di tahun 2020 dan mencapai USD 10,97 miliar dari awal tahun 2021 hingga Mei tahun ini.

“Nilai investasi ini menjadikan Singapura sebagai salah satu negara investor utama Indonesia. Ini menunjukkan kerjasama erat yang telah terjalin sangat baik antara kedua negara,” ujar Menko Airlangga.

Sementara pada bulan Maret tahun ini, Menko Airlangga juga sudah meresmikan Nongsa Digital Town, perluasan dari Nongsa Digital Park yang merupakan hasil kerjasama pemerintah dan swasta antara Indonesia dan Singapura.

Dikatakan Airlangga, Nongsa Digital Town menandakan tahapan awal bagi pengembangan ekosistem industri digital di Batam dan akan menjadi batu loncatan untuk mempercepat kolaborasi serupa di industri digital antar kedua negara.

Dalam rangkaian kunjungan kerja tersebut, Menko Airlangga juga menghadiri peresmian konferensi Asia Tech x Singapore (ATxSG) yang diselenggarakan oleh Infocomm Media Development Authority (IMDA) pada 13 Juli 2021.

ATx Summit yang mengusung tema “Redefining Tech for a Better Future” itu dibuka oleh Deputi Perdana Menteri Singapura, Heng Swee Keat serta dihadiri peserta dari berbagai negara dan kawasan secara virtual.

Baca Juga :  Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK, Bawaslu Akui Terima Laporan Jokowi Bagi Bansos di Dekat Spanduk Prabowo-Gibran

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga menyampaikan pemaparan terkait kerjasama internasional yang dapat dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi berdasarkan revolusi digital dan inovasi teknologi.

Fokus pembahasan terkait bagaimana pemerintah dapat bekerjasama dengan menggunakan teknologi digital mendorong pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Dijelaskan Airlangga, kerjasama internasional diperlukan setelah seluruh negara di dunia berjibaku menyelesaikan penanganan Covid-19 dan berupaya memulihkan ekonomi tidak hanya di negara masing-masing, namun juga pemulihan ekonomi secara global.

Menko Airlangga juga menyampaikan inisiatif Pemerintah Indonesia dan program-program yang ingin didorong Indonesia dalam presidensi G20 pada tahun 2022.

Belum meratanya penetrasi jaringan internet di tanah air, menurut Airlangga, menjadi tantangan, di mana Pemerintah terus mendorong percepatan pembangunan jaringan internet ke seluruh wilayah di Indonesia.

Selain itu, Pemerintah juga melakukan kerjasama dengan pelaku bisnis digital untuk memberikan akses seluas mungkin, sehingga para pelaku UMKM dapat terintegrasi ke platform digital untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital yang semakin kuat.

“Upaya pemulihan ekonomi membutuhkan kerja sama dan kemitraan kuat antar negara pada tingkat bilateral, regional dan global. Perkembangan teknologi digital akan berperan signifikan untuk menggerakkan ekonomi mulai dari sektor e-commerce hingga fintech,” ujar Menko Airlangga. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com