JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Heboh Sapi Kurban Berbobot 1,5 Ton Ngamuk dan Tercebur Masuk Sumur Tua di Karanganyar. Proses Evakuasi Hampir 2 Jam Habiskan 5000 Liter Air

Penampakan kepala sapi kurban yang ngamuk dan kecebur sumur di Colomadu Karanganyar. Foto/Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Insiden dramatis terjadi pada hewan kurban di Colomadu, Karanganyar.

Seekor sapi jantan yang akan dikurbankan mengamuk saat diturunkan dari truk. Celakanya, saat dikejar sapi justru tercebur ke dalam sumur di kompleks Masjid Sabilul Huda Rt 04/Rw V Desa Gedongan Colomadu, Karanganyar.

Insiden itu terjadi pada Senin (19/7/2021) malam pukul 19.00 WIB. Evakuasi sapi jantan berbobot 1,5 ton itu berlangsung cukup dramatis memakan waktu hampir dua jam.

Data yang dihimpun di lapangan, awalnya tim mendapat informasi dan dihubungi warga ada sapi kurban mengamuk lalu masuk sumur.

Anggota pemadam kebakaran dibantu relawan, MDMC, Rescue Colomadu Bersatu (RCB) serta unsur SAR lainnya kemudian meluncur ke lokasi.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Mereka memulai aksi penyelamatan sekitar pukul 20.00 WiB. Setiba di lokasi, sapi berbulu hitam itu tercebur di sumur berkedalaman 7 meter itu.

Selain tak memiliki alat memadai, warga juga takut celaka akibat diamuk sapi.

“Sapi itu memang mengamuk sesaat setelah diturunkan dari truk. Tidak langsung nyemplung ke sumur. Tapi dikejar-kejar warga dulu. Akhirnya malah masuk sumur di area makam,” kata Anggota RCB, Suroto alias Oki kepada wartawan.

Sapi itu belum sampai tercebur saat melompat ke dalamnya. Kaki depannya yang berada di bibir sumur berdiameter 1,5 meter, berusaha menahan tubuhnya beberapa saat sebelum akhirnya terjatuh.

Suroto mengatakan sapi itu berada di dalam sana sekitar 2 jam. Menurutnya petugas menggunakan cara mengevakuasi dengan mengisi penuh sumur itu dengan air supaya tubuh sapi terangkat.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Dibutuhkan air dua tangki kapasitas 5.000 liter untuk menggenangi sumur tua itu. Begitu ke permukaan, tubuh sapi dililit rantai yang ditambatkan di atas sumur. Sedangkan ujungnya ditarik secara bergotong-royong.

“Berhasil dievakuasi sekitar pukul 21.00 WIB. Memang cukup melelahkan. Untungnya sapi selamat tidak luka. Ia hanya lemas saja karena kelelahan. Selama berjam-jam sapi itu mendongakkan kepala ke atas,” katanya.

Oki mengatakan sapi-sapi lain yang akan dikurbankan di Masjid Sabilul Huda dikandangkan dan dijaga ketat usai salah satunya berulah. Rencananya, hewan-hewan itu akan dikurbankan pada Idul Adha tahun ini. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com