JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Penyebab Virus Corona Varian Delta Lebih Cepat Menular Ketimbang Varian Wuhan Versi Ahli

ilustrasi virus Corona varian Delta / pixabay


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Istilah Covid-19 varian delta memang sudah tak asing lagi di telinga kita. Tapi apakah benar seberbahaya berita yang sering kita dengar?

Penjelasan dari dokter RA Adaninggar ini dapat memberikan gambaran lebih jelas. Menurutnya, virus Corona varian Delta ini memiliki viral load 1.000 kali lebih tinggi dari varian Wuhan di awal 2020.

Viral load mengacu pada tingkat replikasi virus dalam tubuh, yang dapat diukur dalam sampel darah serta swab dari hidung maupun tenggorokan.

Baca Juga :  Deretan Makanan Tak Ada Kedaluwarsanya, Salah Satunya Madu

Karena viral load virus Corona varian Delta jauh lebih tinggi, jelas Adaninggar, maka masa inkubasi virus tersebut juga lebih cepat.

Advertisement

Jika varian Wuhan masa inkubasinya paling lambat sekitar 14 hari, maka varian Delta hanya sekitar 3-4 hari saja.

Viral load yang lebih tinggi ini memiliki konsekuensi, jika seseorang terpapar virus, maka orang tersebut akan lebih mudah menularkan ke banyak orang.

Selain itu, gejala yang diderita juga lebih berat serta lebih cepat terdeteksi dengan PCR.

Baca Juga :  Hati-hati Jika Sering Mual dan Sakit Kepala Selama WFH! Jangan-jangan Zoom Fatigue

Dokter yang kerap disapa dokter Ning ini bersama rekannya, Riza Putranto, selain menjelaskan bahaya covid varian Delta, juga memberikan tips untuk menghadapinya.

Hal yang terpenting yaitu, harus diutamakan untuk meminimalkan jumlah virus yang masuk ke tubuh.

Caranya, masyarakat dapat meng-upgrade masker dari yang sebelumnya masker masih belum menutup rapat, harus diganti dengan KF94 atau dengan mendobel pemakaian masker agar filtrasi maksimal.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua