JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kasus Anak Terpapar Covid-19 Kian Mengkhawatirkan, Abdul Wachid Dorong Pemerintah Beri Perhatian Khusus. Kebijakan Ganjar di Jateng Juga Dipertanyakan

Abdul Wachid. Foto/Wardoyo
   

JEPARA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus anak-anak di daerah yang terpapar virus Covid-19 kian mengkhawatirkan.

Anggota Komisi VIII DPR RI asal Jepara, Abdul Wachid mendorong pemerintah menjadikan kasus anak ini sebagai skala prioritas dalam penanganan Covid-19.

Menurut Abdul Wachid jumlah kasus Covid-19 pada anak-anak cenderung melonjak.

Ia mencontohkan di Jepara yang hingga kini tercatat sekitar 600 anak usia 0 – 18 tahun yang terpapar Covid-19.

Berdasar data Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara, dalam sepekan terakhir, Selasa – Selasa (22 – 29/6/2021) malam, tercatat ada 90 anak yang dinyatakan positif Covid-19.

Atau jika dihitung, tiap hari ada tambahan kasus positif sekitar 10 anak.

Kecenderungan serupa juga terjadi di kabupaten tetangga atau daerah lain. Bahkan data nasional saat ini menunjukkan proporsi kasus konfirmasi positif Covid-19 pada anak usia 0 – 18 tahun mencapai 12,5 persen.

“Artinya 1 dari 8 kasus terkonfirmasi positif adalah anak,” ujarnya saat penyerahan lima unit mobil ambulans dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) kepada Kades di Jepara, Kudus dan Demak, Rabu (30/6/2021).

Kegiatan itu digelar bersama BPKH merupakan mitra kerja Komisi VIII DPR. Sementara tiga daerah itu dipilih karena saat ini masih menjadi zona merah penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah.

Terkait persoalan ini, Abdul Wachid akan mendorong Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, BNPB serta Kementerian Sosial yang merupakan mitra kerja Komisi VIII untuk memberikan perhatian khusus penanganan Covid-19 pada anak-anak.

Baca Juga :  Soal Endorsement Jokowi Selaku PRESIDEN  ke Prabowo-Gibran, Hakim MK: Tak Langgar Hukum, Cuma Potensial Jadi Masalah Etika

Anggaran yang khusus untuk penanganan anak-anak yang terpapar Covid-19 didorong juga memadai.

“Karena mereka itu masa depan bangsa. Harus ada perhatian khusus mulai dari antisipasi hingga penanganan di lapangan,” kata Abdul Wachid

Abdul Wachid juga menyoroti kasus Covid-19 di Jawa Tengah yang dalam beberapa hari belakangan menunjukkan lonjakan yang signifikan.

Sebab saat ini tercatat ada 25 kabupaten dan kota di Jateng yang masuk zona merah. Padahal beberapa pekan lalu, hanya sekitar 7 daerah yang tergolong zona merah.

Abdul Wachid telah menginstruksikan anggota DPRD Jateng asal Fraksi Gerindra serius mengawasi kinerja Gubernur Ganjar Pranowo dan Satgas Covid-19 Jateng.

Hal itu dilontarkan seiring lonjakan kasus di Jateng dalam beberapa waktu terakhir.

“Pak Ganjar mau lockdown 7000 RT itu tepat atau tidak? Saya instruksikan anggota DPRD Gerindra agar mengevaluasi kebijakan gubernur karena faktanya kasus Covid-19 di Jateng bukannya turun malah terus naik,” ujar Ketua DPD Partai Gerindra Jateng ini.

Dalam kesempatan itu, Abdul Wachid berpesan kepada lima kades penerima bantuan ambulans agar memaksimalkan fungsi kendaraan tersebut.

Mulai dari membantu kelancaran transportasi warga meninggal hingga penanganan anak-anak yang terpapar Covid-19.

“Saat ini orang meninggal karena Covid-19 banyak, maka ambulans ini harus bisa beroperasi 24 jam. Dan yang terpenting jangan bebani warga dengan berbagai biaya. Untuk operasional bisa dianggarkan dari dana desa,” harapnya.

Baca Juga :  Banjir Amicus Curiae ke MK, Pakar: Bukan Bentuk Intervensi

Berdasar data per Selasa (29/6/2021) malam, jumlah warga Jepara yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 13.943 orang.

Dari jumlah itu, 11.669 orang dinyatakan sembuh, 1.533 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi. Dan sebanyak 741 orang dinyatakan meninggal dunia.

Tiap hari, belasan hingga lebih dari 20 warga Jepara meninggal dunia karena Covid-19.

Saat ini Jepara berstatus zona merah Covid-19. Pekan lalu, bahkan Jepara menempati urutan pertama kasus Covid-19 di Provinsi Jateng.

Jepara menyalip Kabupaten Kudus yang sebelumnya menjadi perhatian nasional karena sempat menjadi satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang masuk kategori zona merah Covid-19.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Jepara, Muh Ali mengatakan jajarannya terus bergerak untuk menangani pandemi di Kota Ukir.

Salah satunya dengan mempercepat vaksinasi untuk warga Jepara. Diharapkan upaya tersebut mampu mempercepat terciptanya herd immunity komunal di Kota Ukir.

“Hari ini ada gerakan 1000 vaksin di Jepara. Berbagai langkah antisipasi juga terus dilakukan termasuk gerakan dua hari di rumah saja tiap Sabtu dan Minggu. Imbauan agar memperketat protokol kesehatan juga terus kita sampaikan,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com